Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Bentuk Tim Tanggap Darurat, Jaga lingkungan Dari Bencana

Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor menggandeng Damkar dan BPBD dalam pembentukan tim Tanggap Darurat. (Dok.Perumda)

CIBINONG – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, membentuk tim Tanggap Darurat.

Bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan memiliki kewajiban untuk andil dalam menjaga lingkungan.

“Letak geografis Kabupaten Bogor sebagian besar berupa dataran tinggi, perbukitan dan pegunungan serta memiliki curah hujan tinggi dan dialiri 6 Daerah Aliran Sungai (DAS), sehingga mengindikasikan sebagai daerah rawan bencana terutama tanah longsor, angin puting beliung dan banjir. Dan ini tentunya menjadi perhatian kami,” kata Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Yuliansyah Anwar, Jumat (1/7/2022).

Yuliansyah Anwar menyebutkan, pada pembentukan ini, nantinya anggota dari tim Tanggap Darurat Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, akan mendapatkan pelatihan khusus dari Damkar dan BPBD.

Menurutnya, pelatihan tersebut dilakukan agar pihaknya bisa lebih siap menghadapi keadaan darurat, terutama pada kondisi tertentu di lingkungan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan.

“Dengan dilaksanakannya kerjasama ini diharapkan tim Tanggap Darurat Perumda Air Minum Tirta Kahuripan memiliki pemahaman dan pengetahuan dalam mengidentifikasi, cakupan lokasi bencana dan dampak kerusakan yang akan timbul serta mempersiapkan langkah-langkah pencegahan dan mitigasi bencana di lingkungan perusahaan,” jelasnya.

Di samping itu, Yuliansyah Anwar mengungkapkan jika pihaknya sudah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di perusahaan, mengacu pada PP No 50 Tahun 2012 yang mewajibkan setiap organisasi yang memiliki pekerja lebih dari 100 orang untuk memiliki prosedur tanggap darurat.

Bahkan, kata dia, penerapan SMK3 Perumda Air Minum Tirta Kahuripan tersebut, telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Ketenagakerjaan pada 24 Mei lalu dengan prestasi nihil kecelakaan (zero accident). =MAM/KM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.