Persiapan UNBK, SMKN 1 Bojonggede Adakan Simulasi Tahap II

0
233
PENDALAMAN MATERI : Siswa SMKN 1 Bojonggede santai mengisi materi soal latihan yang diujikan dalam UN 2019. FOTO : IQBAL RUKMANA

BOGOR – SMKN 1 Bojonggede, Kabupaten Bogor, melaksanakan simulasi tahap II pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sebagai persiapan menghadapi ujian pada tanggl 25-28 Maret 2019.

Wakasek Bidang Humas SMKN 1 Bojonggede, Agus Suhandi mengemukakan, simulasi dilakukan 28-31 Januari, diikuti 376 siswa kelas XII yang merupakan calon peserta UNBK. Mereka berasal dari empat program kejuruan yakni akuntansi, jasa boga, perhotelan dan multimedia. “Simulasi ini merupakan salah satu tahapan persiapan menghadapi UNBK, bertujuan melihat sejauh mana kesiapan sekolah dan peserta didik dalam menghadapi ujian,” ungkapnya, Senin (28/1/2019).

Dijelaskannya, khusus untuk sarana dan prasara pendukung UNBK, SMKN 1 Bojonggede menyiapkan sebanyak 194 unit komputer client dan 10 server, bahkan sudah dilakukan pembaruan aplikasi. Selain itu juga, agar arus listrik stabil, telah dilakukan penambahan daya hingga ratudan ribu watt. “Untuk tahun ini pelaksanaan UNBK akan dilakukan dua sesi, dimana dalam satu kelas diisi 27 peserta didik. SMKN Bojonggede sangat optimis pelaksanaannya nanti akan berjalan lancar dan aman,” tandas Agus Suhandi.

Kepala SMKN 1 Bojonggede, Dadan Supriatno melanjutkan, memantapkan persiapan UNBK, simulasi akan dilaksanakan selama tiga tahap. Simulasi tahap pertama bertujuan untuk pengenalan siswa terhabat sistem dan aplikasi, dan singkronisasi prangkat, simulasi tahap dua dilakukan untuk pengayaan murid dengan penjurusan materi soal UN, dan tahap terakhir merupakan pemberian gambaran kepada peserta didik secara utuh.

“Dari awal Januari ini, kami melakukan penambahan materi pembelajaran pada peserta didik, dilaksanakan setiap hari Sabtu. Kemudian, untuk guru sendiri sudah dibekali cara pembelajaran materi High Thinking Order Skill (HOTS),” tutur Dadan.

Dadan pun akan melakukan pengecekan ulang agar pelaksanaan UNBK nanti berjalan lancar tanpa kendala.

IQBAL RUKMANA

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.