Peringati Sumpah Pemuda, PCMC Kemang Gelar Kajian

KEMANG – Kajian bertajuk “Meneropong Nilai Perjuangan Kasman Singodimejo Sang Mister Islamis dan Nasionalis” menjadi suatu nilai dasar dalam Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadyah (PCPM) Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Bedah kajian serta cetus pemuda yang Islamis serta Nasionalis menjadi nilai mutlak pemuda Muhammadiah, moment tersebut juga sekaligus memperingati hari sumpah pemuda.

“Kajian ini dihadiri berbagai kalangan, termasuk para pemuda, aktivis, serta tokoh masyarakat yang tertarik untuk lebih mendalami pemikiran Kasman Singodimejo,” ungkap Sekretaris Umum PCPM Kemang, Restu Kurniawan Wibawa.

Ia juga mengatakan, kajian tersebut tentunya untuk menghargai kepada para pemuda terdahulu yang sudah berjuang untuk bangsa dan negara Indonesia. “Kajian ini tidak hanya menjadi sebuah peringatan atas sejarah perjuangan kita, tetapi juga sebagai inspirasi bagi pemuda yang dapat membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, dalam kajian tersebut para pemuda bisa menambah wawasan serta mengenal tokoh Kasman Singodimejo, mengingat beliau salah satu pionir yang mendukung nilai-nilai pemahaman Islam dengan semangat Nasionalisme. “Kedepan diharapkan akan mendorong generasi muda untuk terus berkontribusi dalam membangun bangsa yang lebih besar dan bersatu,” jelasnya.

Sementara itu, Pegiat sejarah Muhamad Lutfi mengungkapkan, kajian serta pemahaman dalam tokoh tersebut, tentunya dalam konteks perjuangan nasionalisme dan Islamisme dimasa lalu. “Tentunya perlu menggali sejarah peran tokoh ini dalam merumuskan pandangan Islam yang inklusif sekaligus mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia,” katanya.

Selain itu juga, dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Gerakan Pemuda Ansor Kemang. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.