Peringati HUT Korpri, ASN Kabupaten Bogor Jangan Seperti Raja

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-51 di area Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (29/11/2022).

Pada perayaan itu, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan meminta aparatur sipil negara (ASN) untuk mengubah mental dan mindset atau cara berpikir mereka menjadi pegawai yang melayani.

Sejauh ini, Iwan melihat ASN di Kabupaten Bogor terkesan seperti ‘raja’ dimana rasa ingin dilayaninya lebih besar dibanding dengan melayani.

“Ini harus diubah, mental dan mindsetnya harus berubah sesuai dengan perkembangan zaman. ASN itu harus melayani bukan dilayani, karena di lapangan kita melihatnya itu dilayani,” cetus Iwan.

Tak hanya itu, Iwan juga menyebut tak sedikit ASN di Kabupaten Bogor yang sibuk ‘cari muka’ untuk mendapati simpati pimpinan daripada bekerja melayani masyarakat untuk mendapatkan jabatan tertentu.

Dia menilai hal tersebut telah mencederai fungsi dan tugas ASN yang memiliki tanggung jawab sebagai abdi negara.

Sehingga, hal itu harus dibenahi. Terlebih saat ini perkembangan zaman begitu pesat.

“Masalah promosi atau mutasi adalah kepercayaan pimpinan. Kalau pun promosi itu sebagai reward yang diberikan oleh pimpinan. Kan ada klasifikasi juga, sehingga itu disesuaikan dengan kebutuhan pegawainya,” tegas Iwan.

Jika hal itu diubah dan ASN niat untuk berubah, maka pelayanan kepada masyarakat akan lebih maksimal.

“Dimana pun ASN itu bekerja, kalau niatnya melayani masyarakat tetap akan bekerja maksimal. Maka ke depan ini harus diubah, harus lebih profesional dalam bekerja,” jelas Iwan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.