Peringati Hari Ozon, DLH Gandeng PT PPLI Tanam 5.000 Bibit Pohon di Tepi Sungai Cileungsi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Ade Yana bersama PT PPLI memperingati Hari Ozon Internasional dengan menanam pohon di tepi Sungai Cileungsi. (Age | Pakar)

CILEUNGSI – PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) ikut serta menggelar aksi penanaman pohon di tepi Sungai Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, sebagai bentuk memperingati Hari Ozon Internasional.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor dan melibatkan sejumlah perusahaan, salah satunya PT PPLI.

Manajer Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) PT PPLI, Agus Kartiwan mengatakan, pihaknya turut senang untuk hadir mengikuti kegiatan penanaman bibit pohon di sepanjang tepi aliran Sungai Cileungsi.

“Customer-customer PPLI yang beraktivitas di sepanjang sungai ini Alhamdulilah ikut hadir dan juga ikut berperan serta melakukan penanaman bibit pohon dan menjaga alam,” katanya.

Tak hanya itu, kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Ozon Internasional tersebut sedikitnya ada 5.000 lebih bibit tanamam yang memiliki nilai manfaat tinggi.

PPLI sendiri menurut Agus Kartiwan menyumbang 50 bibit pohon, sebagian besar bibit buah-buahan dan juga bibit pohon lainnya.

“Kami dukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dalam menjaga lingkungan, agar anak dan cucu kita nanti dapat merasakan alam untuk tahun mendatang nanti,” imbuhnya.

Menurutnya, program ini sejalan dengan komitmen PPLI yang sebelumnya pada Juni 2022 lalu pihaknya juga menggandeng TNI dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk melakukan program Geber Ciliwung atau program kegiatan bersih-bersih Ciliwung dengan melepas ratusan ekor bibit ikan dan penanaman bibit pohon.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Bogor, Ade Yana Mulyana menyampaikan pihaknya menggandeng puluhan perusahaan yang berada di sepanjang jalur Sungai Cileungsi untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Hari ini kita menanam 5.000 bibit pohon untuk lima Kecamatan, kalau kurang kita akan tambahkan,” katanya.

Kelima kecamatan itu yakni, Kecamatan Babakan Madang, Klapanunggal, Cileungsi, Gunung Putri, dan Kecamatan Citeureup yang notabene adalah kawasan industri.

Ia mengaku, penanaman pohon itu dimaksudkan agar meminimalisir udara kotor dan menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Bogor bagian timur itu.

“Kita mengundang beberapa perusahaan untuk deklarasi supaya komitmen untuk tidak mencemari lingkungan,” tandasnya. =AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.