Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, SBI Gelar Aksi Sedekah Sampah Bersama

Giat aksi sedekah sampah bersama PT SBI dengan bank sampah masyarakat untuk didaur ulang. (Ist)

BOGOR – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) – Pabrik Narogong menggelar Aksi SESAMA (Sedekah Sampah Bersama) yang berlangsung di Gedung Serbaguna Pabrik Narogong.

Aksi SESAMA ini sebuah kegiatan yang mengajak seluruh karyawan untuk mensedekahkan sampah seperti plastik, kertas, logam dan kaca yang telah dipilah untuk didaur ulang oleh bank sampah binaan CSR Community Relations SBI Pabrik Narogong menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Permasalahan sampah terus menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi masyarakat global saat ini. Seiring dengan pertumbuhan populasi dan pola konsumerisme yang semakin tinggi, volume sampah yang dihasilkan juga meningkat dengan cepat.

Erwin Halomoan Purba, General Manager SBI Pabrik Narogong mengatakan, penumpukan sampah yang tak terkendali telah menciptakan masalah lingkungan yang serius dan membutuhkan upaya kolaboratif untuk menanggulanginya.

“Kami menyadari bahwa persoalan ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, SBI terus mendorong beragam inisiatif penanganan sampah/limbah perkotaan yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan untuk mewujudkan Sustainable Development Goals 2030”, tutur Erwin Halomoan Purba, General Manager SBI Pabrik Narogong, (5/6/2023).

Melalui Aksi SESAMA, SBI Pabrik Narogong berhasil mengumpulkan 568,5 kg sampah kertas, 10,7 kg sampah logam, 70 kg sampah plastik, serta 10,7 kg sampah kaca dari hasil housekeeping dan pemilahan dari rumah yang langsung disetorkan ke bank sampah untuk dimanfaatkan kembali.

Ia menambahkan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia hanya satu momentum, kita perlu terus diadopsi kebiasaan yang ramah lingkungan agar dapat berkontribusi dalam menjaga keindahan dan keberlanjutan planet ini demi #MasaDepanYangKitaMau.

“Kami juga mengapreasi keterlibatan 9 bank sampah binaan CSR SBI Pabrik Narogong guna ikut serta membantu menyukseskan aksi ini. Semoga upaya kita untuk melindungi dan melestarikan lingkungan dapat dilakukan secara berkelanjutan,” tukas Erwin.

Sementara Encim, perwakilan Bank Sampah Cahaya Mandiri, salah satu bank sampah binaan SBI Pabrik Narogong merasa sangat terbantu dengan partisipasi dan kepedulian perusahaan pada kegiatan tersebut.

“Dari jumlah yang kami terima (sampah), rata-rata masih memiliki nilai yang dapat diolah menjadi produk yang lebih berharga. Tentunya ini sangat membantu kami untuk meningkatkan perekonomian”, kata Encim. FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.