Peringati Hari Jadi ke-41, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Bertekad Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Bupati Ade Yasin bersama Wakil Bupati Iwan Setiawan beserta jajaran saat berkeliling meninjau Unit Produksi Sumber Mata Air Ciburial di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor pada peringatan hari jadi Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor ke-41. (Prayoga | Pakar)

CIOMAS – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, memperingati hari jadinya yang ke-41 di Unit Produksi Sumber Mata Air Ciburial, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Rabu (2/3/2022).

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut, Bupati Ade Yasin yang didampingi Wakilnya, Iwan Setiawan, Sekda Burhanudin dan sejumlah kepala dinas serta jajaran Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, menyempatkan diri berkeliling meninjau lokasi Unit Produksi Sumber Mata Air Ciburial.

“Kalau kami melihat di sini (Ciburial-red) ada 9 titik mata air. Saya kira ini cukup untuk melayani masyarakat,” kata Ade Yasin usai berkeliling.

Menurutnya, Sumber Mata Air Ciburial adalah sebuah anugerah dari Tuhan yang harus tetap dijaga dan dipelihara dengan baik.

Maka dari itu, dia pun mengaku jika Pemkab Bogor mendukung penuh Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan menambah jumlah cakupan.

“Di hari jadi yang ke 41 ini saya kira Perumda sudah sangat berpengalaman dalam mengelola air. Kami minta sumber mata air ini dijaga. Dan kami pastikan jika kami selalu mendukung perusahaan daerah ini untuk lebih maju lagi,” jelas Ade Yasin.

Sementara, pada peringatan tersebut Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor melaksanakan beberapa kegiatan sosial. Seperti bedah musholla di sekitar Ciburial, penanaman pohon, santunan anak yatim serta program diskon sambungan baru 40 persen yang berlaku hingga Maret 2022.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Yuliansyah Anwar menjelaskan alasannya memilih Sumber Mata Air Ciburial sebagai tempat perayaan hari jadi perusahaan.

Kata dia, lokasi ini dipilih karena sudah mengaliri selama 100 tahun lamanya ke sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Bogor.

Bertajuk “Memuliakan Alam Dan Melayani Kabupaten Bogor”, Anwar mengatakan jika peringatan hari jadi ini juga sekaligus mengajak warga sekitar Mata Air Ciburial untuk ikut melestarikan alam di sekitar sumber mata air yang telah berdiri sejak jaman Belanda tahun 1922.

“Harapan kami di hari jadi yang ke 41 ini semoga Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dapat menuju tingkat yang lebih tinggi dalam berbagai aspek serta kehadirannya semakin memberikan nilai lebih bagi masyarakat Kabupaten Bogor sehingga tujuan untuk menjadi perusahaan air minum terbaik dan termaju di Indonesia dapat segera terealisasi,” kata Anwar.

Disamping itu, Anwar membeberkan, selama 41 tahun berdiri, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan selalu berusaha meningkatkan kinerja serta kualitas pelayanan kepada pelanggan secara berkesinambungan.

Hal tersebut ditegaskan dengan diraihnya penghargaan dari PUPR sebagai BUMD Air Minum dengan kategori Sehat dan Kinerja Terbaik Nomor 1 di Jawa Barat sekaligus menduduki peringkat ke-4 sebagai BUMD Air Minum dengan Kinerja Terbaik di Indonesia, penghargaan dari BPKP Jawa Barat atas Pencapaian Terbaik Kinerja Keuangan, Operasional dan Tata Kelola Perusahaan, serta penghargaan Perpamsi Award 2021 dengan kategori BUMD Air Minum Sehat dengan Cakupan Pelayanan Terbaik Wilayah Kabupaten.

Tak hanya itu, Anwar menyebutkan jika
kinerja Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor mendapatkan nilai 71,55 persen yang berarti berkinerja “Baik” pada tahun 2020 sesuai dengan Keputusan Mentri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 1999.

“Tentunya pencapaian ini tidak lepas dari peran serta seluruh elemen Perusahaan, mulai dari Bupati dan Pemerintah Daerah, DPRD Kabupaten Bogor, Direksi, Dewan Pengawas, karyawan, pelanggan dan elemen lain yang masing-masing memberikan kontribusi sesuai fungsi dan perannya masing-masing,” kata Anwar.

Selain terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan dengan adanya smart water meter dan ISO 17025 mengenai kualitas air bersih, Anwar mengatakan jika Perumda Air Minum Tirta Kahuripan juga mengharapkan dukungan stakeholders
dalam hal regulasi mengenai perlindungan dan pemanfaatan sumber air baku terutama mata air baru, yang pada akhirnya dapat mendukung meningkatnya kinerja Perumda Air Minum Tirta Kahuripan khususnya dalam hal penambahan cakupan pelayanan di Kabupaten Bogor.

“Saat ini Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah melayani 26 dari 40 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor dengan cakupan layanan wilayah administrasi sebesar 33,40 persen dan jumlah pelanggan sebanyak 198.590 sambungan. Dan untuk tahun ini kami targetkan cakupan layanan di atas 200 ribu pelanggan. Maka kami mohon dukungan dari stakeholders yang berkaitan,” tandas Anwar.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.