Peringati Hari Guru Nasional, SMPN 2 Pamijahan Gelar Rootsday

PAMIJAHAN – Hari Unjuk Informasi dan Kreasi tentang Pencegahan Perundungan di Sekolah (Roots Day) dilaksakan SMPN 2 Pamijahan, Kecamatan Pamijahan berbarengan dengan hari Guru Nasional. Pada Kamis (25/11/2021).

Kegiatan tersebut menampilkan aksi dari agen perubahan dalan bentuk drama, pembacaan puisi, musikali puisi, tarian dan tulisan harapan di kotak harapan.

Kepsek SMPN 2 Pamijahan Suprapti Kustariyah mengatakan, kegiatan Roots Day merupakan kegiatan aksi dari Agen Perubahan Anti Perundungan (APAP) yang sudah melaksanakan pelatihan. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 10 pertemuan yang didanai dari dana bantuan pemerintah.

Ia membeberkan, perundungan yang biasa terjadi di sekolah salah satunya mengejek karena fisik, juga ada yang merasa jagoan sehingga merendahkan temannya.

“Dengan adanya agen perubahan yang perekrutannya dari hasil angkatan yang diberikan kepada anak-anak maka anak yang terpilih merupakan pilihan anak-anak. Penentuan anggota agen perubahan sebanyak 30 orang yang mewakili dari kelas 7, 8 dan 9. Dengan adanya agen perubahan ini kasus-kasus perundungan bisa diketahui, sehinga bisa segera diselesaikan,” ungkapnya kepada Pakar Online.

Ia menjelaskan, dengan kegiatan ini seluruh anak mengenal, mengetahui tentang perundungan. Apabila ada yang mengalami perundungan mereka dapat melaporkan karna ada teman-temanya yang siap mendukung mereka.

“Sehingga anak-anak akan berkembang secara harmonis dalam berteman, tentunya dalam belajar lebih maksimal. Penumbuhan dan penguatan karakter menjadi tujuan seiring dengan berkembangnya kecerdasan anak-anak,” jelasnya.

Program pencegahan perundungan yang dilaksanakan diberikan kepada sekolah penggerak. “Dengan adanya APAP diharapkan perundungan tidak ada lagi di sekolah. Sehingga pembentukan karakter anak-anak lebih cepat dan menonjol,” pungkasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.