Peringati Hari Disabilitas Internasional, Penyandang Tampilkan Pentas Seni dan Bazar UMKM

CIBINONG – Penyandang disabilitas unjuk gigi dengan memberikan penampilan pentas seni dan mengadakan bazar Usaha Mikro Kecil Menengah) yang digelar di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, pada Rabu (28/11/2023).

Ketua PPDI Kabupaten Bogor, Erfandi mengatakan bahwa dalam kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal 28 November – 4 Desember 2023.

“Kegiatan ini merupakan perayaan hari disabilitas kedua yang sebelumnya pernah digelar pada tahun 2022 lalu dan kegiatan ini juga sebagai momentum pengingat kehadiran para disabilitas di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Bukan hanya itu kegiatan ini juga untuk mewujudkan masyarakat yang beradab bagi para penyandang disabilitas

“Dengan keterbatasan yang ada sehingga kami menggelar kegiatan ini. Bagaimana kami ingin mewujudkan masyarakat yang beradab bagi para penyandang disabilitas,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, kata Erfandi, pihaknya ingin menekankan hak-hak bagi para penyandang disabilitas baik terkait aksesibilitas dan juga hak bekerja.

Sebab, dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 menyebut hak-hak penyandang disablitas terkait ketenagakerjaan.

“Kami punya hak untuk bekerja di perusahaan minimal sebanyak 1 persen, dan 2 persen untuk pemerintahan. Maka kegiatan ini bukan sebatas seremoni namun bagaimana kami ingin mewujudkan itu,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Erfandi, masih banyak fasilitas umum yang belum ramah terhadap penyandang disabilitas. Sehingga melalui kegiatan ini, pihaknya ingin mengingatkan para pemangku kebijakan untuk juga berpihak kepada penyandang disabilitas.

“Kami juga terus memperjuangkan peraturan daerah (perda) perlindungan, penghormatan terhadap disabilitas, dan kewajiban pemerintah untuk mewujudkan itu,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.