Peringati Bulan Bahasa, Ini yang Dilakukan SMAN 5 Bogor

0
10

BOGOR – Ratusan pelajar dari sejumlah sekolah di Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta, mengikuti Le Sastra ke-18 yang diadakan SMAN 5 Bogor dalam memperingati Bulan Bahasa.
Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, 7 dan 8 November 2018.

Ketua panitia pelaksana Le Sastra ke-18, Wafi Febriansyah melaporkan Le Sastra ke-18 diikuti sebanyak 798 peserta dari 107 sekolah, tingkatan SMP dan SMA.

Untuk jenjang SMP cabang yang dilombakan yakni baca puisi, membuat cerpen, membuat poster, menulis puisi, mendongeng, dan pidato tanpa teks.

Sedangkan untuk tingkat SMA, lomba berbalas pantun, debat, meresensi novel, monolog, dan musikalisasi puisi.

“Memeriahkan kegiatan ini, kami mengundang beberapa bintang tamu, mulai dari Fira Basuki, Aan Masyur, Fajar Merah, dan Adikara Fardy,” ucapnya kepada pakuanraya.com, Kamis (8/11/2018).

Dia berharap Le Sastra menjadi sebuah motivasi bagi peserta yang ingin lebih serius pada bidang bahasa dan sastra.

Sementara panitia lainnya, Isti Mahajuni melanjutkan, melalui lomba ini, pihaknya mencoba mewadahi bakat siswa di bidang sastra dan bahasa yang pada akhirnya bertujuan untuk kian menumbuhkan kecintaan siswa pada Bahasa dan Sastra Indonesia.

“Dari sisi peserta, ajang ini menjadi pembuktian siswa yang tadinya tidak percaya diri jadi berani tampil. Sedangkan dari sisi panitia, para siswa diajarkan berorganisasi yang benar serta belajar bekerja sama yang baik sesuai dengan temanya “Membentuk Karakter Penerus Bangsa Melalui Bahasa Dan Sastra Indonesia,” paparnya.

Selain itu, Isti menambahkan, SMAN 5 percaya bahwa jika generasi muda mencintai bahasanya, menghormati bahasanya, maka secara tidak langsung, otomatis akan turut mencintai negaranya.

IQBAL RUKMANA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.