Peringatan Hari Jadi Kecamatan Kemang Diisi Syukuran Hingga Parade Dongdang

Beberapa momentum kegiatan peringatan hari jadi Kecamatan Kemang ke-27. (Fahri | Pakar)

KEMANG – Kecamatan Kemang adalah sebuah nama kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Saat ini, Kecamatan Kemang memasuki usia 27 tahun sejak berdiri sebagai salah satu wilayah kecamatan di Kabupaten Bogor, pada tanggal 6 Februari 1995 lalu.

Untuk diketahui, di tahun 80-an wilayah Kemang masih menjadi bagian dari Kecamatan Semplak dan sempat pula dicalonkan sebagai salah satu lokasi untuk Pusat Pemerintahan Kabupaten Bogor, pengganti Kantor Pemerintah Kabupaten yang saat itu masih berada di wilayah Kota Bogor.

Pada tahun 1995 Kecamatan Semplak mengalami pemekaran wilayah, sebagian dimekarkan ke Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, bersama beberapa desa di Kecamatan Dranaga dan Ciomas. yang Sebagian lainnya dimekarkan ke dalam wilayah Kecamatan Kemang yang tetap masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor.

“Peringatan hari jadi Kecamatan Kemang diadakan secara sederhana, berupa syukuran dan tadi ada parade dongdang nasi tumpeng dari sejumlah Pemerintah Desa dan Kelurahan,” ungkap Edi Suwito Camat Kemang, saat ditemui usai acara kegiatan tersebut, Senin (7/2/2022).

Ia menjelaskan, peringatan hari jadi Kecamatan Kemang intinya adalah untuk lebih meningkatkan rasa saling peduli, saling menjaga dan saling menguatkan antar sesama warga masyarakat terlebih dalam suasana pandemi saat ini.

“Sudah banyak kemajuan pembangunan yang dicapai, meskipun masih banyak hal yang harus terus dikerjakan secara bersama – sama demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kemang,” ujar Edi Suwito.

Camat Kemang membeberkan, saat ini di wilayah Kecamatan Kemang sudah ada berbagai perubahan lebih baik dan maju seperti di bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya. Terlebih sekarang sudah memiliki jalur atau akses jalan yang lebih baik, seperti jalur pintu masuk jalan tol di Desa Parakan Jaya dan jalan Bomang di Desa Jampang.

“Adanya dua akses jalan tersebut diharap dapat memaksimalkan laju pertumbuhan ekonomi dan pembangunan lainnya di wilayah Kecamatan Kemang,” tukas Edi Suwito.

Sementara Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Kemang, Emang Suana berharap, memasuki usia ke-27 tahun Kecamatan Kemang, akan terus semakin berkembang semua potensi dan terus semakin maju pembangunan di wilayah kecamatan yang jadi penyangga Kota dan Kabupaten Bogor ini.

“Semoga saja daerahnya semakin maju pembangunannya, warga masyarakat nya makin sejahtera, sehat dan tetap kondusif. Kecamatan Kemang harus terus jadi ikon kemajemukan serta jadi ikon pembangunan lahir batin,” pungkas Entang Suana.

Sebagai informasi, Kecamatan Kemang meliputi 8 desa yaitu Desa Parakan Jaya, Kemang, Bojong, Tegal, Sempak Barat, Pondok Udik, Pabuaran dan Jampang, ditambah satu kelurahan yaitu Atang Sendjaja. Di wilayah ini ada 3 Rumah Sakit Umum, 2 Puskesmas dan beberapa Pustu. Ada pula 2 buah hotel besar, 1 pasar Tohaga, dan ada Universitas/Sekolah Tinggi serta puluhan sekolah dari mulai tingkat SMA/SMK, SMP dan SD baik swasta maupun negeri. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.