Perbup Dibikin, Kab. Bogor Batasi Jam Angkut Truk Tambang

0
128

BOGOR – Payung hukum yang mengatur jam operasional truk angkutan tambang segera diterbitkan.

“Perbup atau peraturan bupati sedang proses. Kita buat tim kecil di daerah oleh pemda dan dibantu dengan polres,” kata Bupati Ade Yasin usai rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) membahas jalan tambang di Kecamatan Rumpin, Gunungsindur dan Parungpanjang di Pendopo Bupati Bogor, Cibinong, Kamis (17/1/2019).

Perbup aturan jam operasional angkutan tambang ini rencananya akan diberlakukan di wilayah pertambangan Parungpanjang dan sekitarnya mulai dari pukul 20.00 WIB hingga 04.00 WIB.

Penentuan jam operasional disesuaikan dengan aturan yang lebih dulu diberlakukan Kabupaten Tangerang dari pukul 22.00 sampai 04.00. Tujuannya agar tidak terjadi stagnasi angkutan.

“Tapi jam operasional itu berlaku untuk truk angkutan di atas 8 ton. Kalau yang dibawah 8 ton itu masih¬†beroperasi 24 jam,” ujar Kabag Operasional (Ops) Polres Bogor, Faisal Pasaribu.

Disamping itu, persoalan tambang di wilayah Parungpanjang dan sekitarnya tersebut tidak hanya masalah angkutan melainkan juga pungutan liar yang terjadi di sana.

Pungutan liar di wilayah tambang ini disebut sebagai salah satu penyebab utama dimana angkutan tambang sulit diatur.

Fasila pun tak menampik jika sering mendapatkan aduan pungutan luar tersebut. Namun dia mengaku tidak bisa berbuat banyak lantaran aturan untuk menindak belum kuat.

“Masalah ini sudah pernah disampaikan ke kita. Tapi kita tidak bisa serta merta menyelesaikan itu langsung, karena kalauokita mau menegakkan aturan, maka kitanya sendiri juga harus berkaca, sudah menegakkan aturan atau belum,” kata Faisal.

Dia menjelaskan, pembenahan diri untuk memperkuat aturan penindakan pungutan liar tersebut dilakukan agar pemerintah atau dalam hal ini kepolisian juga memiliki payung hukum yang kuat.

“Pungli salah, angkutan tambang juga salah. Jadi ketika kita menindak punglu tapi angkutan tidak ditindak itu malah jadi boomerang. Makannya, perbup ini

adalah pegangan kita untuk melakukan tindakan,” tegas Faisal.

KHAERUL UMAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.