Perayaan Paskah, Gereja di Cianjur Dijaga Ketat

CIANJUR—Sebanyak 4 gereja di Kecamatan Cianjur yang akan dipergunakan sebagai sarana tempat ibadah di hari Paskah Agama Kristen. Perayaan bagi umat Kristen, Paskah identik dengan Yesus, yang oleh Paulus disebut sebagai “anak domba Paskah”, jemaat Kristen hingga saat ini dipercaya Yesus disalibkan, mati dan dikuburkan, dan pada hari yang ketiga bangkit dari antara orang mati.

Berdasarkan pantauan pakuanraya.com pelaksanaan perayaan ibadah di hari Paskah akan digelar di empat Gereja, diantaranya Gereja Bethel Indonesia (GBI) Nahemia di jalan Mohamad Ali, Gereja Katolik Santo Petrus di Jalan Siliwangi, Gereja Kristen Indonesia (GKI) dijalan Pasundan dan Gereja Yesus Sejati (GYS) di Jalan Cokro Aminoto tepatanya dijalan Raya Cianjur kota. Keempat gereja tersebut, dikawal keta oleh pihak aparat anggota TNI/Polri dan ormas agama Kristen.

“Memang seluruh anggota Polri/TNI pada hari ini Jumat (2/4/2021)akan dikerahkan untuk menjaga ketat, pelaksaan perayaan hari Paskah umat Kristen. “Memang pagi ini, hanya dilakukan gladi umat Kristen. Sedangkan perayaan hari Paskahnya akan dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB dan 18.00 WIB sore nanti,” kata Bripka Asep Saepudin dari Polsek Cianjur, Jumat (2/4/2021).

Budi Darma (48) salah seorang petugas Gereja Santo Petrus (GSP) tepatnya dijalan Siliwangi, Kelurahan Sawahgeude, Kecamatan Cianjur mengaku umat kristiani, saat ini hingga jam 11.00 WIB hanya melakukan gladi Ibadah saja. Sedangkan perayaan ibadah paskahnya akan dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB dan 16.00 WIB sore nanti. “Peserta perayaan ibadah Paskah bagi umat Kristiani tahun 2021, disetiap gereja dikurangi dari jumlah 150 orang menjadi 80 orang. Seperti di Gereja Santo Petrus (GSP) ini yang biasanya diikuti 250 orang hanya diikuti 150 orang. Memang tahun ini, ibadahnya dibatasi, sesuai protokol kesehatan,” terang Budi Jumat (2/4/2021).

Memang rencananya, lanjut Budi, perayaan ibadah di hari Paskah ini, akan digelar pukul 15.00 WIB dan 18.00 WIB, sore. Pasalnya, pekan ini menjadi minggu istimewa bagi umat Kristiani di seluruh dunia, semua umat Kristiani akan merayakan Hari Paskah. Paskah dipercaya sebagai hari kebangkitan Yesus Kristus. “Paskah merupakan salah satu perayaan penting bagi seluruh umat Kristiani di dunia. Adapun sebelum Paskah, ada Masa Prapaskah atau sepekan sebelum Paskah yang disebut Pekan Suci. Makanya seluruh Gereja merayakan misteri keselamatan yang diwujudkan oleh Yesus Kristus sebagai Mesias pada hari-hari terakhir hidup-Nya, ketika Ia memasuki Yerusalem,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.