Perancis 1 vs 1 Ukraina: Tuan Rumah Kurang Beruntung

Antoine Griezmann melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Ukraina. Instagram | Equipedefrance

BOGOR – Tim Nasional Perancis gagal memetik kemenangan saat menjamu Ukraina pada laga pertama Grup D kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 untuk Zona Eropa, di Stade de France, Kamis (25/3/2021), dini hari WIB. Pasukan berjuluk Les Bleus ditahan imbang dengan skor 1-1 (1-0).

Tim tuan sempat unggul dulu lewat Antoine Griezmann di awal babak pada menit ke-19’, dan Ukraina menyamakan kedudukan akibat gol bunuh diri Presnel Kimpembe di menit ke-57’.

Tuan rumah langsung memegang kendali permainan di awal-awal laga. Olivier Giroud sudah mengancam di menit ke-11’. Beruntung, tembakan pemain asal klub Chelsea itu bisa diblok Mykola Matviyenko dengan punggungnya, sehingga hanya menghasilkan sepakan penjuru.

Tidak mengherankan bila Perancis unggul lebih dulu di menit 19’. Tembakan melengkung indah Antoine Griezmann sukses menjebol gawang Heorhiy Bushchan. Semenit berselang, Kylian Mabppe berusaha menggandakan skor, tetapi bola tembakannya melambung.

Setelah gol tersebut, pertandingan berjalan lebih berimbang. Tim berjuluk Yellow-Blue mencoba keluar dari tekanan Perancis. Sayangnya, perbedaan kualitas terlihat nyata. Olivier Giroud bahkan mendapat peluang lagi di menit ke-32’ lewat sundulan yang masih melambung.

Ukraina bukannya tanpa peluang. Vitaliy Mykolenko sempat mendapat ruang tembak di menit ke-37’. Akan tetapi, tembakannya terbang tinggi di atas mistar gawang Hugo Lloris.

Di menit-menit akhir babak pertama, Perancis mendapat hadiah tendangan penjuru. Namun, kesempatan itu tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Skor 1-0 bertahan hingga waktu rehat.

Keunggulan satu gol belum membuat posisi Prancis aman. Benar saja, Ukraina sukses menyamakan skor di menit ke-57’. Tembakan Serhiy Sydorchuk dari luar kotak penalti sebetulnya tidak berbahaya.

Namun, bola membentur kaki Presnel Kimpembe dan bergulir masuk gawang hingga Hugo Lloris mati langkah. Kedudukan imbang membuat Perancis tertekan.

Didier Deschamps langsung memasukkan Paul Pogba dan Ousmane Dembele untuk menambah daya gedor di menit ke-64’. Sayangnya, tidak ada peluang berarti yang bisa diciptakan hingga memasuki 10 menit terakhir waktu normal.

Presnel Kimpembe mencoba menebus kesalahan di menit 89’ lewat tandukan keras. Namun, arah bola tepat ke pelukan Heorhiy Bushchan. Alhasil, skor 1-1 bertahan hingga wasit Tobias Stieler meniup peluit panjang.=URI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.