Penyakit ISPA Duduki Peringkat Teratas Banyak Dialami Warga

CIAWI – Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) masih urutan teratas yang kerap kali dialami oleh masyarakat Kabupaten Bogor, hal ini tentunya akibat perubahan cuaca ekstrim.

“Kalau dari data masih normal mengingat baru satu bulan sehingga belum ada lonjankan yang signifikan dari kasus-kasus yang ada di puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Agus Fauzi, Kamis (12/01/2023).

Ia mengatakan, penyakit ISPA memang masih diposisi teratas yang sering menjadi keluhan masyarakat keurutan kedua paling diare dan Demam Berdarah Dengue (DBD)

“Untuk DBD memang kita sedang memantau karena wilayah kita masuh siklus endemi DBD. Namun, sampai saat ini belum alami lonjakan kasus DBD,”

dengan masuk perubahan cuaca, ia menghimbau masyarakat agar malakukan pola hidup sehat serta menjaga kebersihan.

“Kita menghimbau kapada masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat serta asupan makanan yang bergizi juga olahraga,”

Sebelumnya diberitakan, akibat perubahan cuaca ekstrim kunjungan warga ke Puskesmas Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor meledak hingga alami kenaikan dua kalilipat.

Mayoritas masyarakat almi gangguan sesak napas, kulit gatal-gatal serta batu pilak akibat perubahan iklim.

Penggung jawab pelayanan Puskesmas Ciawi, Dr Tina Yuniarsih mengatakan, dari awal tahun 2023 hingga sekarang banyak masyarakat yang berkunjung ke puskesmas ciawi untuk berobat lantaran mengalami riwayat sakit batu, pilek dan gatal-gatal pada kulit.

“Yang biasanya perhari kami melayani saratus pasien sekarang hampir dua kali lipatnya, rata-rata yang sakit infeksi saluran pernapasan, batuk dan infeksi kulit yang menular, hampir setiap keluarganya terpapar,” ungkapnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.