Penjual Timur Suri di Kemang Diserbu Warga

Warga saat membeli timun sari. (Ist)

KEMANG – Petani timun suri di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor sambut bulan Suci Ramadhan dengan lonjakan pesanan. Timun suri salah satu buah yang menjadi andalan masyarakat saat berbuka puasa, buah timun suri memiliki tekstur yang segar, sehingga selalu diburu masyarakat untuk sajian buka puasa.

“Memang menanam timun suri tidak semudah menanam seperti singkong, untuk timun suri memang tanah harus di menggunung baru dilubangi tengahnya,” ungkap petani timun suri, Sampun

Dalam keberhasilan menanam timun suri, ia mengatakan, tidak lepas daru pupuk yang ditebar, mengingat tidak sembarangan pupuk bisa menghasilkan timun suri yang berkualitas tinggi. “Pupuk juga bukan sembarang pupuk, kita harus pilih pupuk yang tepat pakai pupuk kandang pupuk domba yang bagus baru ada pendukung lainya seperti pupuk organik atau lainya seperti sintesa alami,” paparnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, tidak membutuhkan waktu lama dalam proses menanam timun suri, bahkan hanya berjarak waktu 2 bulan timun suri sudah bisa dipanen. “Prosesnya satu bulan setengah sudah panen, jadi ukurannya pas sebelum puasa datang kita udah ada timun suri yang matang,” tuturnya.

Bulan Ramadhan salah satu bulan yang berkah bagi dirinya dan keluarga mengingat usaha yang dirinya geluti selalu ramai pada saat bulan Ramadhan. “Ya intinya sebenarnya kalau bapak ga terlalu ngambil kesempatan. Disini paling mahalnya 25 ribu tapi Alhamdulillah ramai,” tuntasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.