Pengurus DPC Peradi Kota Bogor 2024-2028 Dilantik, Ini Pesan Luhut M.P Pangaribuan

Ketua Umum Peradi Luhut M.P Pangaribuan berfoto bersama jajaran pengurus DPC Peradi Kota Bogor yang diketuai oleh Gunara usai pelantikan di ruang Paseban Sri Baduga, Balaikota Bogor. Syarif Pakar

BOGOR – Ketua Umum DPN Peradi Luhut M.P Pangaribuan melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Bogor yang dinahkodai oleh Gunara. Pelantikan kepengurusan periode 2024-2028 itu dilaksanakan di ruang Paseban Sri Baduga Balaikota Bogor, Sabtu, 4 Mei 2024.

Usai pelantikan, Ketua Umum DPN Peradi Luhut M.P Pangaribuan mengawali dengan mengucapkan selamat kepada pengurus DPC Peradi Kota Bogor periode 2024-2028 yang baru dilantik. Ia menyampaikan ada lima poin yang menjadi pesan penting dan dua antaranya dinilai paling penting dalam momentum pelantikan.

Kesatu, DPC Peradi Kota Bogor sebagai organisasi advokat memiliki tugas sangat penting, yaitu untuk memastikan agar para advokat disiplin dan taat pada kode etiknya.

“Jadi kalau sekarang ada pikiran atau ada perasaan atau ada kasus berkaitan dengan disiplin dan kode etik atau tidak tidak profesional advokat, maka organisasi bisa menindak dari mulai peringatan sampai dengan pemberhentian,” katanya.

Kedua, kata Luhut, mengenai masalah yang dihadapi advokat yang dalam praktek, seperti tidak bebasnya untuk menjalankan prakteknya, bahkan intimidasi, kriminalisasi, dan sebagainya itu akarnya dalam undang-undang itu sendiri karena belum diterjemahkan bahwa ada keterpaduan, padahal undang-undang kekuasaan kehakiman mengatakan harus terpadu.
Oleh karena itu, dirinya mengajak kepada jajarannya untuk memberikan masukan terhadap pembahasan RUU Advokat yang sekarang sudah masuk dalam daftar Prolegnas di DPR RI.

“Kepada jajaran Peradi saya katakan RUU Advokat sudah masuk Prolegnas dan juga RUU KUHAP, maka mari kita perbaiki ini, masukkan apa yang masih kurang. Jadi dua hal ini kalau sudah baik, maka pelayanan advokat akan lebih baik dan keluhan-keluhan terhadap advokat akan rendah kalau tidak mau dikatakan hilang itu saja intinya,” jelasnya.

Luhut juga berpesan kepada jajaran pengurus Peradi di Kota Bogor, untuk menjalankan organisasi sesuai dengan aturan dan melakukan kolaborasi serta sinergitas dengan semua pihak. “Selamat bekerja dan melaksanakan tugas dengan penuh bertanggung jawab,” pesannya.

Sementara itu, Ketua DPC Peradi Kota Bogor, Gunara mengatakan, setelah pelantikan ini, Peradi Kota Bogor di bawah kepemimpinannya akan langsung melaksanakan program kerja.

Terdekat, program kerja yang akan dilaksanakan berkaitan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bogor 2024. Peradi Kota Bogor akan menggelar forum dialog bersama para bakal calon wali kota Bogor.

“Kita berharap kepala daerah yang mendatang ini bisa mengetahui kondisi dan aspirasi masyarakat, oleh karena itu kita harus memilih pemimpin yang baik dan benar untuk melaksanakan program kerja pembangunan Kota Bogor,” kata Gunara.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan dialog hukum dengan mengangkat tema “Penegakan Hukum, Demokrasi dan Kesinambungan Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat”. Hadir narasumber dalam dialog hukum yang dipandu moderator Unggul Cahyana, yaitu Luhut M.P Pangaribuan (Ketua Umum DPN Peradi) dan Iwan Darmawan (Dosen Fakultas Hukum Universitas Pakuan. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.