Pengunjung RSUD Leuwiliang Wajib Di Screening

LEUWILIANG – Bagi semua Pengunjung yang ingin memeriksakan kesehatannya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Leuwiliang, wajib menjalani screening di tenda poli ISPA yang tersedia di Samping rumah sakit, tujuannya untuk memastikan kondisi pengunjung yang datang sehat atau tidak. Hal ini di utarakan dr. Agus Fauzi,M.kes Kepala Bidang Pelayanan Medik sekaligus Humas Covid-19 RSUD Leuwiliang kepada pakuanraya.com.

Menurut dr. Agus Fauzi,M.kes langkah Screening yang dilakukan RSUD Leuwiliang terhadap pengunjung tersebut, berlangsung sejak isu pandemik Covid19 muncul di Indonesia, khususnya di Bumi Tegar Beriman.

“Keberadaan tenda Poli ISPA untuk screening pengunjung rumah sakit di RSUD Leuwiliang sudah di operasikan sejak isu Covid-19 mencuat pada Februari 2020 lalu. jika hasil screeningnya menyatakan pengunjung tersebut sehat dan tidak terdeteksi penyakit, maka petugas rumah sakit akan langsung memperbolehkan masuk kedalam gedung dengan diberi tanda stiker tempel berwarna hijau”,kata dr. Agus Fauzi

Jika ternyata dari hasil screening ditemukan ada gejala atau tanda tanda suspek Covid-19 sambung dr. Agus, maka pengunjung qajib melakukan pemeriksaan lanjutan diantaranya di tensi darahnya, di cek darah di laboratorium, dilakukan rongent, selanjutnya dilakukan pemeriksaan Swab PCR.

“Bila hasilnya positif, maka pengunjung ataupun mereka yang sudah dinyatakan sebagai pasien positif Covid-19, harus menjalani perawatan Diruang isolasi khusus untuk penanganan covid19 yang diberinama ruang Bougenville, bahkan untuk Isolasi mandiri juga bisa dilakukan dirumah dengan catatan, hanya untuk kategori keluhan ringan dan tetap memperhatikan protocol kesehatan”.bebernya.

dr. Agus Fauzi menambahkan, dalam menangani Covid-19, RSUD Leuwiliang sejak awal sudah membentuk tim Satgas khusus Covid-19 yang di ketuai dr. Dadang Herdiana,Sp.PD

“Begitupun pada penanganan pasien Covid-19-nya dimana sesuai SOP, ya berbeda dengan penanganan terhadap pasien lainnya, dimana untuk penanganan pasien Covid19, petugas akan memakai APD yang lebih lengkap”,tegasnya.

Begitupun pada sarana dan prasarananya lanjut dr. Agus Fauzi,M.kes, Sesuai Standar WHO.

“Alhamdulilah khusus untuk penanganan Pasien Covid19, semua kelengkapan RSUD Leuwiliang sudah terpenuhi.”tandasnya.(MG1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.