Penginapan Pakarangan di Leuwiliang Langgar Izin LP2B

LEUWILIANG – Penginapan bergaya nuansa alam di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Diduga tidak mengantongi ijin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), Rabu (29/05/24).

Penginapan bernama Pakarangan yang memiliki beberapa bangunan diduga tidak mengantongi ijin, bahkan melanggar peraturan daerah serta berada di lokasi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

“Kita nanti akan melihat lokasi villa tersebut dan nanti kita akan berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan Nanggu untuk mempertanyakan persoalaan bangunan tersebut,” ungkap kasi trantib Kecamatan Leuwililang, Heri Gunawan.

Sejauh ini pihaknya sudah melakukan beberapa upaya dan mendatangi lokasi tenpat penginapan tersebut. Namun, pemilik bangunan tidak ada di lokasi.

“Sudah beberapa kali kita ke lokasi tapi pemilikinya tidak ada, jadi kewenangan kita hanya sebatas di lahan parkir dan pintu masuk menuju lokasi villa, sebab bangunan villanya masuk wilayah Kecamayan Nanggung,” paparnya.

Menurutnya, dirinya tidak bisa memastikan bangunan tersebut sudah memiliki ijin PBG atau tidak. Namun, pihaknya akan segera cek lokasi penginapan. “Kita tidak tau bangunan tersebut sudah memiliki ijin atau belum, nanti kita akan cek dulu ke lapangan,” jelasnya.

Mirisnya, lokasi tempat penginapan berada dikawasan hijau serta lahan persawahan, sehingga merusak ekosistem yang ada dilokasi tersebut. “Ya menang lokasi tersebut masuk dalam kawasan pertanian dan perkebunan, itu sudah beroperasi sudah sejak beberapa bulan lalu,” tuntasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.