Pengamat Nilai Iwan Setiawan Singkirkan Ade Yasin Sebagai Pencetus Program Pancakarsa

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan. (Dok.Pakar)

CIBINONG – Pengamat menilai peluncuran buku Pancakarsa dengan tidak melibatkan Ade Yasin sebagai pencetus program Pancakarsa menjadikan orientasi politik Iwan Setiawan untuk merebut jabatan Bupati Bogor dua periode.

Hal itu disampaikan oleh Pengamat Politik dan Kebijakan Publik atau Direktur Democrazy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP), Yusfitriadi bahwa peluncuran buku Pancakarsa tersebut menjadikan Iwan Setiawan untuk mengikuti kontestasi pilkada 2024 mendatang.

“Jika bener didalam buku Pancakarsa tersebut iwan setiawan sangat mendominasi narasi, terlebih narasi pencapaian program saya pikir sangat tidak benar. Jika itu yang terjadi, maka iwan setiawan akan mengambil momentum politiknya, untuk kepentingan orientasi politiknya baik dalam konteks pilpres maupun dalam konteks menuju pilkada 2024,” katanya kepada Pakar, pada Kamis 28 Desember 2023.

Bukan hanya itu menurutnya jika Iwan Setiawan mendominiasi narasi pada buku Pancakarsa tidak akan berpengaruh banyak terhadap orientasi politik terutama saat dirinya akan mencalonkan diri untuk menjadi calon Bupati Bogor 2024 mendatang.

“Walaupun narasi didominasikan pada pencapaian program Pancakarsa maka menurut saya tidak akan berpengaruh banyak pada “moncernya” orientasi politik iwan setiawan jika memang dia memiliki hasrat untuk mengikuti kontestasi pilkada 2024 mendatang,” ungkapnya.

Ia juga mengakui bahwa dalam peluncuran buku Pancakarsa teraebut dirinya sama sekali tidak paham apa makna isi, bentuk, filosofi dan laporan yang dituliskan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Saya tidak tahu persis momentum peluncuran buku pancakarsa tersebut, terlebih isinya apa, berbentuk filosofis apa, laporan apa, saya sama sekali tidak tahu. Namun saya hanya memastikan bahwa program pancakarsa tersebut merupakan terjemahan dari RPJMD pemerintahan Kabupaten Bogor yang digagas pada periode Ade Yasin dan Iwan Setiawan.
Sehingga ketika buku pancakarsa duterbitkan harus memuat narasi Ade Yasin dan Iwan setiawan,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan bahwa refleksi akhir tahun ini melaporkan simulasi pencapaian program Pancakarsa pada akhir masa jabatan (AMJ).

“Refleksi akhir tahun ini sepertinya
menjadi refleksi yang rutin, akhir masa jabatan (amj) saya dan saya laporkan semuanya mulai dari simulasi dari mulai Pancakarsa, Bogor Sehat. Dan dilihat dari angka BPS yang dilaporkan dari Bappendalitbang,” ucapnya.

Meskipun begitu, menurutnya terdapat angka dalam program Pancakarsa tersebut telah mengami kenaikan yang cukup signifikan salah satunya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan angka rata-rata lama sekolah (Rls).

“Kita melihat angka ipm nya naik cukup signifikan mulai dari rata rata lama sekolah, angka harapan hidup, dan data beli masyarakat yah dibanding 2018-2023 lumayan tinggi dan yang menilai itu Provinsi dan oleh Pusat,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.