Penderitaan Gizi Buruk di Desa Sipayung Butuh Perhatian

SUKAJAYA – Warga Kp Babakan Sipayung RT 02/08 Desa Sipayung Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor menderita gizi buruk, Muhamad oji (6) menderita gizi buruk sejak usia 6 bulan, keluarga oji membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah, pada senin (30/03/21). Mumun (38) orang tua oji, mengatakan, saat di ketahui oji menderita gizi buru usia 6 bulan namun, himpitan ekonomi manjadi kendala. “Dulu sempet bawa k RSUD leuwliang karna kita ga punya biyaya jadi dibawa pulang,” ujarnya kapada awak media.

Menurutnya, kita mendapatkan bantu dari kepala desa saja untuk asupan makan, Karna oji hanya memakan asupan sun. “Setiap bulan kita dikirimkan sun oleh kepala desa itu juga kadang kurang, jadi saya suka ngutang dulu ke warung, kara oji suka menolak makanan yang lain, maunya sun prelak saja,” tuturnya.

Menurut yuyun kader kesehatan Desa Sipayung, kepala desa memberikan uang 70 perbulan untuk asupak makan oji.”Suka di kasih sama kepala desa 70 rb perbulan untuk beli bubur sun untuk bayi, semenjak saya manjadi kader tidak pernah pihak pukesmas datang ke sini, karena oji suka nangis di tempat rame,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Sukajaya Darwin Navis, akan terus memonitor asupan gizi oji agar kesehatannya setabil, karna lining sektor harus terus berjalan.”Saya baru tau hari ini ada yang memiliki riwayat penyakit gizi buruk, saya akan tindak lanjuti bidan desa untuk terus memonitor setiap bulannya terkait asupan gizinya,” imbuhnya.

Lanjut dia, ini kasus lama tahun 2015 sempet ditangani oleh pihak kesehatan namun, pihak keluarga menolak karna kurang biaya, pihaknya pun sudah melakukan pengajuan BPJS agar meringankan keluarga oji. “Dulu sempet di bawa ke RSUD leuwliang, dokternya menyuruh untuk di rawat, namun keluarga menolak karna tidak memiliki biaya, tetapi kita akan mengajukan ke dinas untuk asupan gizinya,” tuturnya.

Terpisah dari Kepala Puskesmas, Kepala Desa Sipayung Iyus, dirinya sedang mengurus BPJS Oji yang menunggak sejak pemerintahan Desa sebelumnya. “Ya saya sedang diurus BPJS-nya, karna sekarang tidak memiliki anggaran untuk mengurus tunggakan sebesar 2 juta,” pungkasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.