Pendaki Menyalakan Smoke Bomb di TNGGP Bisa di Pidana

Inilah video saat pendaki menyalakan smoke bomb di Gunung Gede. (Ist)

CIANJUR – Viral video berdurasi 35 detik seorang oknum pendaki sedang menyalakan Smoke Bomb atau bom asap di Puncak Gunung Gede Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BB-TNGGP). Video yang diunggah akun Instargam @gedepangrango.ku terlihat seorang pendaki menggunakan jaket ungu berdiri di bibir kawah Gunung Gede sambil menyalakan Smoke Bomb.


Informasi yang berhasil dihimpun, identitas dari oknum pendaki yang menyalakan Smoke Bomb atau bom asap di Puncak Gunung Gede telah diketahui melalui penulusuran akun medis sosialnya. Akibatnya, para pengunjung terpaksa menutup hidung lantaran asap yang dikeluarkan Smoke Bomb berwarna hijau itu. Hingga saat ini, pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BB-TNGGP) belum bisa menyebutkan. Namun, langkah selanjutnya dari BB TNGGP atas aksi yang merusak lingkungan dan sempat membuat geger.


Kepala Balai Besar TNGGP Sapto Aji Prabowo mengaku jika identitas oknum pendaki tersebut telah diketahui melalui penulusuran akun medis sosialnya. “Memang BBTNGGP telah mengambil langkah cepat untuk melakukan penulusuran terhadap pelaku di beberapa akun media sosial dan berhasil diketahui identitas oknum tersebut,” kata Sapto Aji kepada wartawan, Minggu (26/02/2023).


Pihak BB-TNGGP, lanjut Sapto sangat mengecam aktivitas atas aksi dan tindakan oknum pendaki tersebut, mengingat sangat membahayakan kesehatan. “Baik itu kesehatan pendaki maupun ekosistem satwa liar yang ada di TNGGP,” tegasnya.

Menurutnya, dengan adanya kejadian aksi oknum pendaki tersebut, pihak TNGGP pun telah berkoordinasi dengan pihak aparat yang berwajib. Untuk melakukan proses hukum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Makanya, kata Sapto menghimbau, agar para pendaki mentaati setiap aturan yang berlaku.

“Dugaan pelanggarannya akan dikenakan sanki sesuai dengan pasal 40 ayat 4. Seharusnya menjadi pendaki yang cerdas yang menaati semua peraturan serta menjaga kelestarian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.