Pendaki Ilegal Asal Jaktim Meninggal di Toilet Pos Baru TNGGP

CIANJUR- Hendri Tjo (59) seorang pendaki asal Jakarta Timur meninggal dunia di toilet Pos Pemeriksaan Simakasi Gunung Putri Pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Cianjur, Selasa (28/5/2024) sore.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pria paruh baya tersebut ditemukan meninggal dunia saat buang air di toilet Pos Baru Gunung Putri usai turun dari pendakian. Kepala Balai Besar TNGGP, Sapto Aji Prabowo membenarkan, adanya seorang pendaki yang meninggal di Pos Pemeriksaan.

Menurutnya, Hendri (Korban) bersama dua orang rekannya mendaki secara legal pada Minggu, (27/5/2024) dan turun sehari kemudian melalui jalur Gunung Putri. “Dari keterangan saksi, Korban masuk ke toilet setelah turun dari pendakian di Pos Baru. Karena yang bersangkutan tidak kunjung keluar toilet, rekan-rekannya, lalu memeriksa toilet tersebut. Setelah di periksa korban sudah dalam keadaan meninggal dunia dan tergeletak didalam toilet,” kata Sapto Aji saat dihubungi telepon Selular, Rabu (29/5/2024).

Setelah mendapat informasi ada korban meninggal dunia, petugas TNGGP pun langsung menghubungi pihak Polsek Pacet untuk olah tempat kejadian perkara sekaligus mengevakuasi jenazah ke RSUD Cimacan. Sapto mengungkapkan, batas usia yang diizinkan untuk bisa mendaki di TNGGP adalah 60 tahun. Namun jika ada pendaki di atas 60 tahun, harus dengan keterangan dokter juga bersama pendamping.

“Kalau umur 59 masih dibolehkan untuk mendaki, batas usianya sampai 60 tahun. Yang penting dari pemeriksaan dokter dinyatakan sehat. Kalau diatas 60 tahun kami memberikan persyaratan khusus yakni harus dengan pendamping dan lain sebagainya,” jelas Sapto.

Sementara itu, Kapolsek Pacet AKP Hima Rawalsi menyebutkan jika jenazah Hendri Tjoa sudah dievakuasi dan kini sudah berada di RSUD Cimacan. “Sudah di RSUD Cimacan, saat ini sedang dalam pemeriksaan oleh tim medis sambil menunggu pihak keluarga dari Jakarta Timur. Perkiraan sementara meninggal karena sakit,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.