Pencemaran Udara, ISPA Mulai Menyerang Warga Rumpin

RUMPIN – Mayoritas masyarakat Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, mulai terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Hal itu diakibatkan lantaran kondisi lingkungan di kawasan Rumpin sudah tidak sehat karena maraknya eksploitasi yang menghasilkan debu dan pencemaran udara.

“Oh terkait penyakit yang ditangani saat ini di Puskesmas ya, kebanyakan masih ispa sih ya kalau secara persentasi saya belum hitung ya,” ungkap Kepala Puskesmas Rumpin, Dr Kuncahyo.

Lebih lanjut, ia mengatakan, mayoritas yang alami ispa diusia rentan baik muda dan lanjut usia. Namun, hasil dari persentasi kunjungan pasien ke puksemas mencapai 10 persen. “Tapi secara persentase kunjungan dan keluhan dari masyarakat masih domain soal ispa, secara total baru mencapai 10 persen yang alami ispa,” kata dia.

Selain itu, tumbuhnya penyakit saluran pernapasan difaktori oleh perubahan cuaca serta kondisi lingkungan yang tidak sehat, sehingga perlu menjaga pola hidup yang sehat. “Umum semua kalangan ada dan tergantung cuaca juga,” ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat khususnya warga Kecamatan Rumpin agar menjaga pola hidup serta menggunakan masker atau penutup hidung saat akan berpergian. “Saya menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kesehatan serta memiliki pola hidup sehat, bagi masyarakat rumpin saat berpergian menggunakan masker dan pelindung agar terhindar dari gangguan pernapasan,” tuturnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.