Pemudik Padati Jalan Raya Puncak, Polres Bogor: Hingga H-3 Masih Normal

Arus lalu lintas di Simpang Ciawi meningkat mendekati lebaran. Achmad Kurniawan | Pakar

BOGOR – Kepolisian Resor Bogor (Polres) mewaspadai sejumlah titik kemacetan, seturut dengan meningkatnya pergerakan pemudik pada H-3 atau Jumat (29/4/2022).

Salah satu titik yang diwaspadai adalah Jalan Raya Puncak. Ada dua pasar tradisional yang berpotensi terjadi penyumbatan arus lalu lintas seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat berbelanja kebutuhan lebaran, yaitu Pasar Ciawi dan Pasar Cisarua.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, menjelaskan, pada Jumat (29/4) sore hingga malam hari, terjadi peningkatan statistik mobilitas pemudik yang terjadi di Jalur Puncak.

“Secara statistik, kami telah melakukan pemantauan sejak tanggal 25 April 2022 sampai hari ini (H-3 atau Jumat 29 April 2022, red). Terjadi peningkatan dan penurunan setiap harinya. Namun demikian, masih dalam batas normal karena setiap hari sebanyak 28 ribu kendaraan yang masuk dan keluar melalui Jalur Puncak ini,” kata dia.

Menurut AKBP Iman Imanuudin, meski terjadi peningkatan mobilitas pemudik, namun persentasenya masih kecil baik roda empat maupun roda dua.

“Peningkatan untuk mobilitas ini masih tergolong standar atau tidak terlalu besar, karena peningkatan yang sedang terjadi itu berada di tempat-tempat pembelanjaan seperti Pasar, misalnya Pasar Ciawi, Pasar Cisarua dan lainnya,” jelas Kapolres.

AKBP Iman Imanuddin juga menjelaskan, langkah antisipatif dilakukan bila terjadi kemacetan. Polres Bogor  mempersiapkan dua jalur alternatif.

“Kami sudah mempersiapkan dua jalur alternatif, yaitu via Jalur Puncak dan Jalan Raya Jonggol melalui Cibubur,” ucap dia.

Jalur Jonggol, Kapolres Bogor kembali menerangkan, untuk menampung limpahan jalur lintasan agar tidak terjadi kepadatan saat masyarakat melakukan mudik lebaran.

“Jalur alternatif ini untuk memudahkan masyarakat saat sedang melakukan mudik. Pemerintah juga sudah melakukan penerapan one way atau satu jalur ke arah Jawa Tengah untuk mengantisipasi pengalihan arus yang arah Bandung menuju Jakarta, Cianjur, dan melalui Bogor,” kata dia.

Pantauan arus lalin di Jalan Raya Puncak pada H-3 atau Jumat (29/4/2022).

Pemudik, dominan bersepeda motor mulai memenuhi Jalan Raya Puncak. Kendaraan pemudik didominasi plat nomor Z, D, dan tidak sedikit Jawa Tengah.

Diperkirakan, pergerakan pemudik yang melintasi Jalan Raya Puncak akan terus terjadi hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri 1443 H. =ONE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.