Pemuda Karang Taruna ini Ubah Sampah Jadi Pupuk Kompos dan Pelet

Pengelolaan sampah menjadi pupuk dan pelet. IST

CIBINONG – Sampah tidak selalu dibakar atau dibuang, di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, sampah disulap menjadi pupuk dan juga pelet oleh Pemuda Karang Taruna.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Karang Taruna Kecamatan Cibinong, Deni Suhendar.

Menurutnya, untuk Karang Taruna Kecamatan Cibinong, kali ini sedang mencoba melakukan upaya untuk merubah sampah pasar menjadi pupuk dan pelet.

“Ya kita coba cari kesibukan untuk teman-teman Katar, agar memiliki peluang untuk bekerja,” kata Deni kepada wartawan (7/7/2024).

“Kita mengelola sampah yang ada di Pasar Cikema, dan di lokasi pasar kita coba lakukan pengolahan sampah menjadi pupuk kompos dan juga pelet. Jadi kita sedang melakulan trial,” sambungnya.

Ia menambahkan, pengelolaan sampah menjadi pupuk dan juga pelet sangatlah penting, guna mengurangi penumpukan sampah di TPS Galuga.

“Ya selama ini kan pengelolaan sampah belum maksimal, dengan mencoba berkolaborasi dengan pihak pasar. Disisi lain juga ada nilai jual, sehingga teman-teman karang taruna bisa terus berkarya,” katanya.

“Saat ini kita coba untuk mandiri terlebih dahulu, kita coba berkerjasama dengan pihak pasar. Ya jika berhasil baru kita coba dengan yang lainnya juga,” paparnya.

Lebih lanjut, Deni Suhendar juga mengatakan, bahwa dobrakan awal dari reka-rekan karang taruna melakukan uji coba ini, sebagai ikhtiar untuk mengurangi sampah juga.

“Saat ini kita uji coba dan analisa dulu, berapa volume sampah yang tiap hari kita kelola. Yang penting minimal bisa mengurangi sampah ke TPS Galuga,” tuturnya.

Saat ini, tambah dia, persentasenya sampah di Pasar Cikema 30 Persen sudah tidak buang sampah di TPS Galuga. “Dan targetnya kita zero waste (bebas sampah),” ucapnya

Deni Suhendar juga berpesan kepada rekan-rekan karang taruna untuk terus berkarya nyata.

“Sudah saatnya karang taruna punya karya nyata dan memberikan solusi untuk permasalahan yang ada di lingkungan,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.