Pemprov lakukan Refocusing Anggaran, 250 Huntap di Cigudeg Terancam Gagal

Bangunan hunian tetap tahap pertama di wilayah Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. IST

CIBINONG – Rencana pembangunan 250 hunian tetap (huntap) tahap dua di wilayah Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor terancam batal. Musabab, bantuan keuangan (Bankeu) Pemprov Jawa Barat untuk pembangunan tersebut direfocusing.

Dari informasi yang didapat, Pemprov Jawa Barat melakukan refocusing sebesar Rp364 miliar pasca mengalami defisit hingga Rp5 triliun.

“Jadi dari hasil konsolidasi Pemkab Bogor dengan Pemprov Jawa Barat, bantuan keuangan seperti untuk huntap itu ditiadakan karena provinsu mengalami defisit,” ungkap Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Ade Jaya Munadi kepada wartawan, Rabu (6/10/2021).

Selain huntap, Ade Jaya menyebut jika hal serupa juga terjadi di sektor pendidikan dan pertanian. Dimana bantuan alat-alat tani dan pembangunan ruang kelas terpaksa ditiadakan.

“Sampai saat ini kami masih membahas hal itu, bagaimana nanti ke depannya,” jelas Ade Jaya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto menerangkan, dari nilai bantuan keuangan Pemprov Jawa Barat senilai Rp364 miliar hanya menyisakan anggaran sekitar Rp115 miliar.

“Jadi Pemprov Jawa Barat mengurangi bantuan itu sekitar Rp249 miliar (menutup defisit), sisanya ada Rp115 miliar yang rencananya akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur termasuk pembangunan RSUD Bogor Utara,” jelas Suryanto.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.