Pemprov Jabar Sudah Siapkan Pjs Bupati Bogor

0
61

BOGOR – Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bogor terpilih, Ade Yasin-Iwan Setiawan bisa jadi urung dilaksanakan pada 30 Desember 2018.

Sebab, Pemerintah Provinsi Jawa Barat belum mendapat jawaban perihal tersebut dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Usulan dimajukannya pelantikan dari semula dilaksanakan pada Maret 2019 menjadi Desember 2018, masih menunggu jawaban Kemendagri,” kata Sekda Provinsi Jabar, Iwa Karniwa, Rabu (14/11/2018), di Bogor.

Iwa berharap pelantikan dapat dilakukan sesuai usulan jadwal.

“Kita sudah bersurat, tinggal nanti kalau disetujui kita langsung kami siapkan. Kan ada enam daerah yang diusulkan melakukan pelantikan kepala daerahnya 30 Desember,” kata Iwa.

Iwa menyatakan sudah menyiapkan langkah apabila usulan tersebut tidak disetujui Kemendagri.

“Jadi, meskipun nantinya jadwal pelantikan tetap digelar Maret 2019, posisi kepala daerah akan disini penjabat sementara. Nah untuk Pjs, akan ditempati oleh pejabat tinggi dari Pemprov Jabar,”

Sementara, sampai saat ini Wakil Bupati Bogor terpilih, Iwan Setiawan mengaku belum juga menerima surat pemberitahuan secara resmi mengenai dipercepatnya jadwal pelantikan.

Dia mengaku masih menunggu surat dari Kemendagri maupun dari Pemkab Bogor mengenai pelantikan.

Hal tersebut yang membuatnya belum yakin pelantikan yang semestinya dilakukan Maret 2019 ditarik menjadi akhir Desember 2018. “Saya sih belum yakin 100 persen, karena kami belum terima suratnya. Belum ada suratnya ke saya ataupun Bu Ade (Yasin),” ungkapnya.

Padahal, menurutnya tidak ada hukum yang ditabrak jika pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bogor Terpilih dipercepat. Jika tidak, akan ada kekosongan jabatan setelah Bupati Nurhayanti pensiun pada 30 Desember 2018.

“Kita sesuai aturan. Habis masa jabatannya tanggal 30 Desember, yang pas itu tidak ada kekosongan jabatan. Ini tidak ada yang dilanggar,” tutup Iwan.

KHAERUL UMAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.