Pemkab Daftarkan 199 Inovasi Dalam WIG Tahun 2021 Ini

Kegiatan WIG di Hotel Pullman Ciawi-Kabupaten Bogor. Prayoga | Pakar

CIAWI – Pemerintah Kabupaten Bogor melakukan pendandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) kerjasama beasiswa Pancakarsa bersama 17 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta dalam kegiatan Bogor Innovation Bogor Innovation Wildly Important Goals (WIG) tahun 2021 di Hotel Pullman-Ciawi, Rabu (29/9/2021).

Selain penandatanganan MoU, kegiatan WIG juga diisi pameran gelar inovasi daerah dan inovasi kampus.

Bupati Ade Yasin mengatakan, penandatanganan MoU ini tak lain adalah sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Bogor meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan dan daya saing daerah sesuai amanat Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Dan kami menitipkan 1.200 mahasiswa-mahasiswa penerima beasiswa Pancakarsa kepada belasan rektor baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta agar nantinya menjadi inovator-inovator yang membawa Kabupaten Bogor berinovasi,” ujar Ade Yasin kepada wartawan.

Saat ini, Kabupaten Bogor juga sedang berkompetisi dalam Inovasi Government Award (IGA). Sebanyak 199 inovasi telah di daftarkan di IGA tahun 2021 ini yang digelar Kemendagri setiap tahun.

“Ini adalah momentum yang sangat bergengsi sehingga kita berusaha untuk juga bagaimana inovasi kita yang sudah di daftarkan ada 199 yang sudah siap untuk di daftarkan dan dinilai divalidasi oleh Kementerian Dalam Negeri,” ungkapnya.

Di WIG kali ini, Pemerintah Kabupaten Bogor sebenarnya bisa mendaftarkan lebih dari 199 inovasi. Hanya saja, dari 349 inovasi yang siap di validasi hanya 199.

“Sebetulnya, Kalau kita setiap tahun kabupaten Bogor ada inovasi sekitar 349, tapi yang siap jumlahnya hanya setengahnya,” jelasnya.

Ia berharap, semua yang di daftarkan bisa lolos, dan ini bentuk keseriusan dirinya dalam membangun Kabupaten Bogor dengan berbagai inovasi.

“Bentuk komitmen kami dengan semua stakeholder yang ada di kabupaten Bogor termasuk fentahelic bahwa inovasi menjadi yang terdepan karena semua bisa dilakukan, dan ini menjadi penyemangat kita juga untuk melaksanakan semua kegiatan,” bebernya.

Untuk merangsang melakukan inovasi baik dari akedemisi maupun masyarakat umum, Pemerintah Kabupaten Bogor setiap tahun mengadakan lomba inovasi daerah dari mulai masyarakat di tingkat desa, kecamatan, kabupaten dan lalu juga di pendidikan

“Ini butuh sesuatu baru dari SMP sudah mulai dilibatkan dalam lomba-lomba inovasi SMP, SMA perguruan tinggi dan semua masyarakat yang punya inovasi silahkan akan kita tampung dan akan kita nilai, kita akan berikan penghargaan,” tambahnya.

Ia menginginkan, Kabupaten Bogor maju bersama inovasi. “Kita ingin membranding Kabupaten Bogor dengan inovasi,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.