Pemkab Cianjur Lalai, Dana Stimulan Gempa Bumi Tahap 4 Tak Jelas

Warga korban gempa di Cianjur saat berada di tenda pengungsian. Esya | Pakar

CIANJUR – Bantuan dana stimulan gempa bumi tahap keempat hingga saat belum mendapat kepastian, kapan diterima oleh warga terdampak. Perlu diketahui jika gempa bumi berkekuatan 5,6 SR yang terjadi pada tanggal 21 November 2022 sekitar pukul 12.15. Pasalnya bantuan dana stimulan tersebut, hingga saat ini tengah ditunggu oleh penyintas gempa bumi dan para aplikator yang sudah melakukan pembangunan masing-masing rumah tahan gempa (RTG).


Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Nurzein membenarkan, jika soal belum adanya dana stimulan gempa bumi tahap 4 tersebut, masih dalam proses di kementrian keuangan.


Makanya, kata Nurzen, belum mengetahui jadwal yang pasti, dana tersebut dapat diterima penyintas gempa bumi di beberapa wilayah terdampak. “Memang dana stimulan, tahap 4 ini sedang diproses di Kementerian, jadi uangnya belum ada di rekening BPBD. Karena untuk mekanisme dana tersebut melalui Kementerian Keuangan ditransfer ke biro keuangan BNPB, dari sana di transfer ke rekening BPBD, baru kemudian disalurkan ke rekening masing-masing penerima,” kata Nurzein kepada wartawan Senin (22/4/2024).


Menurutnya, ada ribuan RTG yang telah dibangun oleh pihak aplikator atau vendor yang sudah tercacat di BPBD Kabupaten Cianjur. “Memang ada sekitar 2000 lebih yang sudah dibangun oleh aplikator dari mulai tahap 1,2,3. Sedangkan untuk tahap 4 belum diketahui karena uangnya belum ada,” terangnya.


Mengenai mekanisme pembayaran dana stimulan gempa bumi di tahap 4, Nurzein menyebut disesuaikan dengan tahap 1 hingga 3. “Jadi mekanisme pembayaran untuk khususnya rusak berat yang dibangunkan oleh aplikator itu akan sama dengan tahap 1,2,3 secara over booking, tetapi untuk yang lain tetap melalui taler Bank Mandiri,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.