Pemkab Bogor Usung Konsep Dramaga University Town Atasi Kemacetan di Bogor Barat

Lalu lintas di Jalan Raya Dramaga, Bogor Barat, Kabupaten Bogor. (Dok.Pakar)

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, mengusung konsep Dramaga University Town dalam penanganan kemacetan di wilayah Bogor Barat.

Pj Sekda Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menjelaskan, konsep yang diupayakan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut di dalamnya juga melibatkan IPB University.

“Penataan kawasan Dramaga melalui konsep Dramaga University Town ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di (Dramaga) Bogor Barat,” ujar Suryanto kepada wartawan, Minggu (26/5/2024).

Suryanto mengungkap, saat Pemkab Bogor bersama IPB University sedang merancang penataan dengan meninjau kembali Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bogor di wilayah Dramaga.

Menurutnya, penataan kawasan ini sangat penting, terutama untuk menunjang rencana pembangunan jalan lingkar dari Leuwiliang menuju Rancabungur, serta pengembangan Jalan Lingkar Dramaga (JLD).

“Jika Pemkab Bogor, pemerintah pusat, dan IPB University bergerak bersama, insha Allah penataan ini dapat terwujud dengan baik. Setidaknya kita sudah mempersiapkan diri jika Bogor Barat menjadi daerah otonomi baru,” jelas Suryanto.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Pengembangan Agromaritim IPB University, Ernan Rustiadi, menjelaskan bahwa pengembangan Dramaga University Town termasuk menata kawasan sekitar kampus IPB di Dramaga.

Menurut Ernan, tren berkembangnya kawasan perkotaan akibat kehadiran perguruan tinggi terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

“Biasanya kampus berkembang, jumlah mahasiswa meningkat, dan dampaknya adalah kemacetan di sekitarnya. Maka, kami ingin melakukan penataan di sekitar kampus IPB Dramaga yang pertumbuhannya sangat pesat, sebelum perkembangan tersebut semakin tidak terkendali,” jelas Ernan.

Dua menyebutkan bahwa kerja sama antara IPB University dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dan Kementerian PUPR juga meliputi rencana pengembangan jalan tol yang akan melewati kampus IPB di Dramaga, Jalan Lingkar Dramaga, dan Lingkar Leuwiliang-Rancabungur.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.