Pemkab Bogor Siap Nanggung Biaya Perawatan Warga Cianjur

Salah satu korban gempa asal Cianjur yang sedang dirawat di RSUD Ciawi. Firman | Pakar

CIAWI – Para Korban gempa bumi asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi, Kabupaten Bogor pembiayaan akan dicover oleh Pemkab Bogor.

Para korban yang saat ini tengah ditangani oleh tenaga medis di RSUD Ciawi baik yang luka ringan dan luka serius masalah pembiayaan akan ditanggung pemkab Bogor melalui anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT).

“Untuk penanganan bencana kabupaten Cianjur tentunya kami juga terdampak akibat bencana gempa bumi, akan tetapi di Kabupaten Bogor setelah di assessment ada 32 rumah yang rusak baik yang ringan, sedang dan berat. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa,” ungkap PLT Bupati Bogor Iwan Setiawan, Rabu (23/11/22).

Selain itu, pemerintah Kabupaten Bogor membantu para tenaga medis RSUD Cimacan berupa alat-alat medis serta bantuan tenaga dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor.

“Alhamdulilah untuk kesehatan RSUD Ciawi sudah menyiapkan 30 tempat tidur khusus korban bencana Cianjur berikut untuk operasi bedah juga orthopedi dan sudah kami siapkan, tadi banyak pasien Cianjur sudah banyak berdatangan dan sudah ditangani di RSUD Ciawi tapi kami juga menyiapkan di RSUD Cileungsi sebanyak 20 kamar tempat tidur,” katanya.

Ia mengatakan, selain itu juga pihaknya menyiapkan 4 mobil ambulan di dua rumah sakit tersebut untuk membawa korban ke dua rumah sakit tersebut

“Kami juga meminta Kepala dinas kesehatan untuk komunikasi dengan pihak RSUD Cimacan apa saja yang dibutuhkan seperti alat, benang bedah, kemungkinan dalam beberapa hari kedepan kami akan kirim bantuan,” tuturnya.

Ia mengatakan, untuk korban bencana alam warga Kabupaten Cianjur yang saat ini sedang dalam perawatan di RSUD Ciawi tentunya pembiayaan akan ditanggung oleh pemerintah kabupaten Bogor melalui BTT. “Biayanya kita yang tanggung mangkanya BTT kita hitung dulu belum kita tetapkan,” singkatnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.