Pemkab Bogor Rumuskan WFA, ASN Gak Harus Ngantor

Kepala BKPSDM Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, tengah merumuskan rencana penerapan Work From Anywhere (WFA) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan mengatakan, hal tersebut dilakukan sejalan dengan kebijakan fleksibilitas bekerja untuk ASN alias Flexible Work Arangement (FWA) yang kini tengah dirumuskan Kemenpan-RB.

“Di Provinsi sudah mulai dilakukan, Kabupaten belum. Kita harus susun (dulu) regulasinya. Tapi insyaallah kita akan menuju ke arah sana,” kata Irwan kepada wartawan, Selasa (8/11/2022).

Irwan menyebut, WFA ini dinilai efektif untuk para ASN. Sebab, mereka bisa menuntaskan pekerjaannya di rumah bahkan di kedai kopi sekalipun.

“Ini bagus, artinya ASN itu tidak hanya bisa bekerja di ruang kantor nya, tapi mereka bisa kerja di mana saja kapan saja, yang penting setiap harinya ada output kinerja,” paparnya.

Jika itu dilakukan di Kabupaten Bogor, Irwan menilai akan ada efisiensi pada
pengeluaran pemerintah kabupaten Bogor.

“Akan terjadi efisiensi, kita juga kan sudah menuju paperless. Dan, kalau di kantor saja juga kan pengguna listrik, komputer dan sebagainya. Jadi, alat perkantoran akan lebih efisien,” jelasnya.

Namun menurutnya, penerapan WFA tidak berlaku untuk semua ASN. Sebab, pihaknya akan mengatur pekerjaan apa saja yang bisa dikerjakan dengan skema tersebut dan mana pekerjaan yang hanya bisa dilakukan di kantor.

“Nanti kita tetapkan jenis pekerjaan apa saja yang bisa WFA. Karena smart ASN tidak hanya dibatasi oleh hari kerja. Yang penting setiap minggu nya itu 37,5 jam kerjanya,” tandas Irwan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.