Pemkab Bogor Optimalkan Pemanfaatan Rest Area Puncak untuk Dongkrak Perekonomian Masyarakat

Rest Area Puncak. IST

CIBINONG – Upaya Pemerintah Kabupaten Bogor dalam memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat Kabupaten Bogor terus dilakukan, terutama kepada para pedagang dan pelaku UMKM di wilayah Puncak, salah satunya melalui optimalisasi pemanfaatan Rest Area Gunung Mas Puncak untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Kabupaten Bogor.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan, kehadiran Rest Area Gunung Mas Puncak ini harus memberi dampak signifikan terhadap pedagang dan masyarakat Kabupaten Bogor khususnya di wilayah Puncak. Untuk itu optimalisasi pemanfaatan rest area puncak ini dipercepat.

Menurut Asmawa Tosepu, dalam rangka percepatan optimalisasi pemanfaatan Rest Area Gunung Mas yang ada di Puncak Kecamatan Cisarua. Pada prinsipnya semua pihak bersepakat, punya komitmen yang sama, punya semangat yang sama untuk segera memanfaatkan rest area secara optimal.

“Di Rest Area Gunung Mas Puncak ini, beberapa fasilitas yang kita tawarkan kepada para pedagang di sana adalah pintu keluar, dan masuknya kita atur sehingga semua yang masuk ke Wisata Agro Gunung Mas itu bisa melewati rest area,” kata Asmawa Tosepu.

Asmawa juga menyebutkan fasilitas lainnya, seperti parkir gratis untuk seluruh wisatawan yang hendak bermain di Rest Area Gunung Mas Puncak. Dengan begitu, para pengunjung pun tidak diberatkan dan tak sungkan masuk Rest Area Gunung Mas Puncak.

Katanya, latar belakang dibangunnya rest area tersebut adalah permintaan dari para pedagang, sekarang sudah jadi, sudah dibuatkan.

“Maka ayo mari sama-sama kita gunakan, kita manfaatkan. Dan secara perlahan kita pastikan rest area itu layak untuk dijadikan area perdagangan,” jelas Asmawa Tosepu.

Lanjut Pj. Bupati Bogor, tidak ada biaya parkir alias gratis di kawasan Rest Area Gunung Mas Puncak, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor untuk memasang rambu-rambu peringatan dilarang parkir dan mobil bagi masyarakat yang parkir sembarangan di area yang telah terpasang rambu peringatan dilarang parkir.

“Ini upaya kami untuk mencegah adanya parkir liar dan menciptakan ketertiban, kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas di wilayah Puncak. Segera manfaatkan rest area gunung mas puncak ini, fasilitasnya sudah kami sediakan, kuncinya sudah ada tinggal pindah saja untuk menempati kios-kios yang ada di Rest Area Gunung Mas Puncak ini,” jelas Asmawa.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudi Susmanto menyatakan, sangat mendukung dan menyambut baik kehadiran Rest Area Gunung Mas Puncak dan segera dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Bahkan dirinya juga minta kepada PT. Sayaga Wisata untuk optimal dalam melakukan pengelolaan rest area ini sebaik-baiknya demi kepentingan masyarakat.

“Tentunya kami mengajak dan berharap kepada masyarakat terutama pelaku Pedagang Kaki Lima dan para pelaku UMKM Kabupaten Bogor untuk segera memanfaatkan rest area ini. Sarana dan fasilitasnya sudah dibangun segera manfaatkan rest area ini, yang tentunya tempatnya aman dan nyaman,” terang Ketua DPRD Kabupaten Bogor.

Salah satu pedagang puncak, Mumuh mengaku siap digeser untuk memanfaatkan kios di rest area ini. Beberapa masukan pertama adalah pengelolaan parkir dilakukan secara profesional dengan sistem karcis dengan tarif yang murah untuk meminimalisir parkir liar, meskipun saat ini parkir digratiskan.Persediaan air lebih dioptimalkan dan lainnya.

“Tentu kami senang dan siap memanfaatkan rest area puncak ini. Alhamdulilah tempatnya nyaman, bersih dan aman, semoga bisa lebih meningkatkan usaha kami,” tandasnya. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.