Pemkab Bogor Minta Kades Pastikan Warga Tempuh Pendidikan PPDB

Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Suryanto Putra. Age | Pakar

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor meminta ke 416 Kepala Desa agar memastikan kepada seluruh warganya untuk tetap menempuh atau melanjutkan pendidikan demi meningkatkan angka IPM (indeks pembangunan manusia).

Hal itu disampaikan oleh Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Suryanto Putra bahwa dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) setiap kades harus memastikan agar warganya melanjutkan pendidikan.

“Kita ingin menghimbau kepada kepala desa untuk memastikan seluruh 66warganya tetap sekolah. Dan memastikan tamatan SD segera mendaftar ke smp, tamatan SMP dipastikan mendaftar ke tingkat SMA/SMK/MAN atau SLTA sederajat,” katanya kepada PAKAR.

Sebab menurutnya warga Kabupaten Bogor harus terus menempuh pendidikan dengan berpedoman wajib belajar 12 tahun yang telah tertuang dalam aturan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Apa pun jalurnya harus terus melanjutkan pendidikan, yah minimal mereka memiliki rencana untuk sekolah. Jadi jangan dibiarkan masyarakat kita tidak mau sekolah dibiarkan, karena wajib belajar 12 tahun,” ungkapnya.

Suryanto juga menegaskan bahwa Kepala Desa memiliki peran utama dalam mengawasi warga dalam menempuh pendidikan.

“Kades itu harus memahami karena kepala desa itu lah yang mengawasi satuan dibawah untuk menghimbau ke masyarakat nya. Dan untuk masalah pembiayaan, kita bisa mencoba beasiswa yang itu dijamin lah agar mereka bisa sekolah agar pemerintah menyiapkan sarana dan prasarananya,” jelasnya.

Ia menerangkan kalau bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor mengalokasikan anggaran sebesar 20 persen untuk pendidikan.

“Sekarang anggaran kita cukup besar untuk pendidikan, yah sekitar 20 persen untuk kebutuhan sarana dan prasarana dan penunjang pendidikan. Makanya harus segara ditingkatkan dan kita harus mengejar ketinggalan angka IPM dan RLS di Kabupaten Bogor ini,” pungkasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.