Pemkab Bogor Lakukan Kajian: Kecamatan Rumpin Bakal Jadi Ibukota Kabupaten Bogor Barat?

Tim kajian dan konsultan dari Setda Kabupaten Bogor saat melakukan survei dan cek lokasi untuk ibukota Kabupaten Bogor Barat di wilayah Kecamatan Rumpin. IST

RUMPIN – Rencana akan adanya pemekaran Kabupaten Bogor dengan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) bernama Kabupaten Bogor Barat (KBB) sudah terdengar sejak beberapa tahun lalu. Bahkan, sebelumnya sudah ada kajian lengkap terkait penentuan kawasan ibukota KBB yang berada di wilayah Kecamatan Cigudeg.

Namun seiring perjalanan waktu, saat ini muncul rencana baru terkait wilayah calon ibukota Kabupaten Bogor Barat, dengan munculnya nama Kecamatan Rumpin. Dari berbagai informasi yang berhasil dikumpulkan, Pemkab Bogor telah melakukan kajian untuk penentuan calon Ibukota KBB di Kecamatan Rumpin bagian selatan.

Tim kajian Pemkab Bogor datang ke lokasi didampingi langsung oleh beberapa kepala desa, diantaranya, Kepala Desa Cibodas, Gobang, DlCidokom dan Leuwibatu. Tim kajian beserta tim konsultan melakukan survei lahan untuk lokasi calon Ibukota Bogor Barat tersebut.

“Tim kajian dan konsultan dari Pemerintah Kabupaten Bogor, sudah mengecek lokasi lahan yang akan jadi pusat ibukota Kabupaten Bogor Barat. Pada saat pengecekan di dampingi langsung oleh sejumlah kepala desa,” ungkap Makjudin, yang juga mantan Sekdes Kampung Sawah, Rabu (29/9/2021).

Informasi ini dibenarkan Sekretaris Kecamatan Rumpin, Suparman. Menurutnya, di wilayah bagian selatan Kecamatan Rumpin sudah dilakukan pengkajian untuk calon ibukota Kabupaten Bogor Barat. Karena ada beberapa lahan yang sangat strategis di wilayah tersebut.

“Tim kajian dan konsultan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor sudah turun ke lokasi, termasuk unsur dinas yang lainnya. Ada dua desa yang sudah masuk kajian, yaitu Desa Cibodas dan Desa Leuwibatu,” kata Suparman.

Menanggapi hal ini, anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Kecamatan Rumpin, Daen Nuhdiana mengaku menyambut baik penentuan calon ibukota Kabupaten Bogor Barat. Terlebih wilayah bagian selatan Kecamatan Rumpin itu lokasi nya sangat strategis.

“Tim kajian sudah cek dua lokasi yang akan jadi pusat pemerintahan Kabupaten Bogor Barat. Tentu hal ini kami sambut baik,” tukas Daen. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.