Pemkab Bogor Harus Buat Perda Ini Seperti yang Dilakukan DKI Jakarta untuk Lindungi Sektor Pertanian

Salah satu lahan pertanian di Kabupaten Bogor. IST

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor didorong untuk segera membuat Peraturan Daerah tentang keringanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi lahan pertanian produktif.

Hal itu diusulkan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Fadli Zon.

Menurutnya, ia sangat setuju Pemkab Bogor membuat regulasi berbentuk Perda tentang keringanan pembayaran PBB.

“Saya setuju tuh kalau Pemkab Bogor membuat Perda tentang keringanan pembayaran PBB, tapi bagi lahan pertanian produktif. Ini kalau dilakukan bisa meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Fadli Zon kepada wartawan belum lama ini.

Kebijakan ini, kata Fadli Zon pernah dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

“Anies dulu pernah membebaskan pajak PBB bagi para pejuang, pahlawan, veteran, dan lahan warga untuk pertanian. Itu contoh bagus,” jelasnya.

Perda keringanan PBB bagi lahan pertanian produktif, lanjut Fadli, akan mengurangi beban petani yang selama ini terbebani dengan besarnya nilai PBB yang tidak sebanding dengan hasil bumi yang diperoleh setiap tahunnya.

Bahkan, Fadli Zon menilai kemakmuran petani adalah syarat untuk kedaulatan pangan, dan kedaulatan pangan lebih utama daripada ketahanan pangan.

“Kita mustahil bisa meraih kedaulatan pangan jika petani kita sendiri tidak berdaulat dan kehidupan ekonominya masih terbelakang,” imbuhnya.

Ia pun berharap anak-anak muda lebih banyak bergelut di sektor pertanian. Termasuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan dalam kurikulum pendidikan.

“Karena negara kita adalah negeri agraris dan maritim. Jadi seharusnya pengetahuan tentang sektor pertanian, ketahanan pangan, kedaulatan pangan harus diajarkan sejak dini supaya lebih banyak orang yang berminat di bidang pertanian,” pungkasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Bogor Dapil 3 Heri Aristandi menyambut baik usulan Fadli Zon terkait keringanan pajak PBB.

“Ini bagus harus di implementasikan, karena ini akan meringankan beban petani tentunya,” singkatnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.