Pemkab Bogor Defisit Rp540 Miliar

Ilustrasi defisit anggaran. IST

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, mengalami defisit anggaran sebesar Rp549 miliar. Itu terjadi karena kebutuhan belanja daerah melampaui pendapatan daerah.

Berdasarkan data yang ada, angka defisit tersebut adalah hasil dari penutupan pembiayaan daerah. Karena sebelumnya, dalam pembahasan KUPA-PPAS 2022, pendapatan daerah yang ditargetkan sebesar Rp8,7 triliun dan belanja daerah diproyeksikan sebesar Rp9,9 triliun, menghasilkan defisit sekitar Rp1,2 triliun.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan pun memastikan defisit anggaran yang terjadi pada Rancangan Anggaran Pendapatan Daerah (RAPBD) Perubahan Tahun 2022 itu segera diselaraskan dengan DPRD.

“Ini segera kami bahas bersama dengan DPRD agar tidak ada defisit,” kata Iwan usai rapat paripurna penyampaian dan ekspose RAPBD 2022 Perubahan di DPRD Kabupaten Bogor, Kamis (29/9/2022).

Namun yang jelas, Iwan menyebutkan jika dalam APBD Perubahan nanti, Pemkab Bogor memprioritaskan beberapa hal. Seperti gaji ke-13 dan beberapa program yang belum masuk dalam APBD murni.

Sehingga Iwan berharap seluruh kegiatan yang ada di Kabupaten Bogor dapat terealisasi seluruhnya.

“Di perubahan ini tidak ada kegiatan infrastrukur yang besar karena sudah di APBD satu. Tetapi seperti gaji pegawai, pergeseran dan juga kegiatan-kegiatan yang sifatnya menunggu transfer dari pusat dan provinsi. Karena APBD satu tidak membahas bankeu,” kata Iwan.

Selain soal defisit, Pemkab Bogor bersama dengan DPRD Kabupaten Bogor pun akan membahas RAPBD 2022 Perubahan untuk target pendapatan daerah.

Pemkab Bogor sendiri menargetkan pendapatan daerah sebesar Rp8,7 triliun dengan target pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp3,3 triliun dan target pendapatan transfer sebesar Rp5,4 triliun.

Jika melihat pada ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) 12 Tahun 2019 serta aturan lainnya menyatakan bahwa
RAPBD perubahan harus disetujui antara eksekutif dan legislatif paling lambat tiga bulan sebelum tahun anggaran berakhir, berarti 30 september.

Jika lewat dari waktu tersebut, maka maka konsekuensinya tidak ada APBD perubahan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.