Pemkab Bogor Akan Keluarkan Perbup Emisi Gas Buang, Ini Tujuannya

Ilustrasi emisi gas buang. (publikasi ilmiah UMS/IST)

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor terbentur aturan dalam menindak kendaraan yang tidak lolos uji emisi gas buang.

Sebab, Pemerintah Kabupaten Bogor belum memiliki regulasi terkait sanksi bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan pun berencana mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) soal sanksi uji emisi gas buang agar penindakan bisa dilakukan.

“Ya mau. Jadi mungkin Senin kita akan rapat terkait masalah polusi udara. Karena ini sudah mulai kita rawan udara, karena kita salah satu wilayah yang beririsan dengan ibu kota, pasti dampaknya kita kena dan juga sebagai wilayah aglomerasi Jakarta,” ujar Iwan Setiawan kepada wartawan, Kamis (31/8/2023).

Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Polres Bogor melakukan giat uji emisi gratis bagi masyarakat, yang berlangsung di Jalan Alternatif Sentul Babakan Madang dari pukul 09.00- 12.00 WIB, Kamis (31/8/23). Sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara di Kabupaten Bogor.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Holid Mawardi mengatakan, uji emisi gratis dilakukan untuk mengurangi polusi udara serta sebagai tindak lanjut dari surat edaran Mendagri Nomor 2 tahun 2023 tentang pengendalian polusi udara di daerah Jabodetabek.

Menurutnya, ada dua kategori hasil uji kendaraan yakni kendaraan lulus uji emisi dan tidak lulus uji emisi.

“Bagi kendaraan yang lulus uji emisi akan diberikan sertifikat lulus uji emisi kendaraan dari KLHK, sementara yang tidak lulus kami himbau dan arahkan untuk melakukan pemeliharaan kendaraan,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.