Pemkab Bogor Ajak Masyarakat Cegah Pemahaman Radikal Usai Sejumlah Terduga Teroris Ditangkap

Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, memperketat pengawasan pasca penangkapan sejumlah terduga teroris di wilayahnya oleh tim Densus 88.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, penangkapan terduga teroris itu harus menjadi perhatian semua pihak termasuk masyarakat apalagi saat ini menjelang Pemilu.

“Kemarin ada beberapa yang diamankan kembali, padahal itu sudah pernah ditahan. Tapi mungkin ya itu tadi, apakah dia itu ada yang setengah insyaf ada yang terkontaminasi lagi, mungkin ya,” kata dia, Selasa (31/10/2023).

Burhan pun mengapresiasi institusi Polri yang bergerak cepat dalam mencegah jaringan terorisme yang tumbuh di Kabupaten Bogor.

“Tapi saya kira kita harus apresiasi kepada jajaran Polri, khususnya Densus 88 yang sudah menangani,” paparnya.

Senada dengan Burhanudin, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengajak masyarakat untuk berperan aktif melakukan upaya pencegahan penyebaran paham radikalisme.

“Kalau bicara hari ini sudah masuk seperti tahapan tahun politik tentunya kita ingin Bogor kondusif bersama-sama kita jaga keamanan dan ketertiban Kabupaten Bogor,” kata Rudy Susmanto.

Dia meminta kepada masyarakat agar tetap tenang menyikapi adanya kejadian ini. Sebab, kata dia, ada pihak keamanan yang selalu siap siaga untuk menjaga keamanan masyarakat dari tindakan terorisme.

“Aparat keamanan kita lihat juga dari kepolisian sudah melaksanakannya dengan aktif dan proaktif dengan cukup baik,” katanya.

Meski begitu, Rudy Susmanto mengatakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban bukan hanya menjadi tugas dari aparat keamanan, melainkan tugas bersama.

Di mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif menjaga kondusifitas wilayah masing-masing dan juga menghindari hal-hal yang berbau radikal.

“Ini bukan hanya tanggung jawab pihak Polri tapi tanggung jawab kita bersama sebagai masyarakat Kabupaten Bogor untuk membantu bersama-sama,” tandasnya.

Diketahui, tim Densus 88 menangkap sejumlah terduga teroris di Kabupaten Bogor. Seperti Kecamatan Tamansari, Ciawi hingga Cibinong pada Jumat pekan lalu. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.