Pemilihan Langsung, Beni Irawan Kembali Pimpin Apdesi Cianjur 2021-2026

CIANJUR—Sebanyak tujuh orang calon ikuti pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (DPC-Apdesi) Kabupaten Cianjur periode 2021-2026 yang digelar di Hotel Yasmin dari sejak Jumat (11/12/2021) sekitar pukul 13.30 WIB hingga selesai Sabtu (12/12/2021). Ketujuh orang calon ketua Apdesi tersebut, masing-masing H Ayi Abdulah, A Munawar, H Imam Nurjaman, Abdurahman, Beni Irawan, Cecep Surahman dan Ira Rismayanti.


Informasi yang berhasil dihimpun, dari sejak dibukanya pendaftaran Jumat (11/12/2021) sekitar pukul 13.30 WIB, nama-nama calon sudah muncul untuk memperebutkan kursi calon ketua Apdesi. Dukungan pun mulai menghangat dengan menjual nama petinggi Kabupaten Cianjur.


Salah seorang panitia pemilihan Apdesi Kabupaten Cianjur Jenal didampngi Elan Ermawan mengatakan sebanyak 96 orang hak pilih dalam pemilihan calon ketua DPC Apdesi Kabuaten Cianjur, Sabtu sore (12/12/2021). Dari sebanyak 96 orang yang berhak memilih tersebut, diantaranya terdiri dari 3 dewan pimpinan kecamatan (DPK), 1 suara dari dewan pimpinan cabang (DPC) dan 1 suara dewan pimpinan daerah (DPD) Provinsi Jabar.


“Memang yang berhak memilih calon ketua DPPC Apdesi itu, adalah 3 orang ketua, sekertaris dan bendahara dewan pimpinan kecamatan (DPK), 1 orang pengurus DPC Apdesi ddan 1 orang pengurus DPD yang ada di Jabar. Ke 96 orang pengurus tingkat kecamatan dan kabupaten serta provisni tersebut, memiliki suara hak pilih sebagai penentu calon ketua Apdesi Kabupaten Cianjur,” kata Jenal.


Jenal berharap dengan terpilihnya kembali Beni Irawan sebagai ketua Apdesi Kabupaten Cianjur tentunya dapat mendorong dan mampu mengkonsolidasikan serta membangun soliditas diantara semua anggota Apdesi di Kabupaten Cianjur. Bagi pengurus baru yang bertujuan untuk membuat program-program Apdesi dalam membangun pemerintahan desa di era kenormalan baru pascapandemi Covid-19.


“Organisasi Apdesi ini sebagai wahana rekonsiliasi dan konsolidasi anggota untuk kemajuan organisasi dan pengembangan desa yang semakin mandiri, untuk membahas persoalan-persoalan pokok yang terjadi di desa, baik dari aspek pemerintahan desa maupun warga desanya yang disesuaikan dengan regulasi yang terdapat di dua kementerian yaitu Kemendagri dan Kementerian Desa, Kemedes PDTT),” tegasnya.

Elan Ermawan menambahkan meskipun sebelumnya sempat menghangat karena perbedaan pendapat dalam pemilihan calon ketua Apdesi Kabupaten Cianjur tersebut, namun semua itu dapat teratasi. Karena Apdesi merupakan organisasi profesi berbentuk kesatuan dengan ruang lingkup nasional, berdaulat dan mandiri, atas dasar kesamaan kegiatan, profesi di bidang pemerintah desa, serta pembangunan pedesaan.


“Alhamdulilah, pemilihan calon ketua DPC Apdesi Kabupaten Cianjur, berjalan lancar tanpa ada riak dan ekses. Dalam pemilihan calon ketua Apdesi tersebut, masing-masing H Ayi Abdulah, meraih 0 suara , A Munawar, maraih 0 suara , H Imam Nurjaman, meraih 6 suara Abdurahman, meraih 4 suara, Cecep Surahman, meraaiih suara 31 suara, Ira Rismayanti meraih 0 suara dan sebagai petahana Beni Irawan meraih 55 suara. Sehingga salah satu peserta petahana Beni Irawan kembali terpilih sebagai ketua DPC Apdesi Kabupaten Cianjur,” jelasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.