Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Cibungbulang Gunakan Sistem Digital

CIBUNGBULANG – Pemilihan calon Ketua OSIS di SMAN 1 Cibungbulang, Kecamatan Cibungbulang menerapkan sistem digitalisasi. Mengingat pemilihan Ketua OSIS yang masih dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga proses penyampaian visi dan misi para calon kandidat di laksanakan live streaming di seluruh sosialisasi media sekolah.

Wakasek kesiswaan SMAN 1 Cibungbulang Indriyani Diah Puspitawati mengatakan, rangkaian kegiatan pemilu Raya SMAN 1 Cibungbulang, dari 6 paslon yang mendaftarkan diri dan setelah melalui tahapan seleksi dan wawancara maka terpilih 3 paslon. 2 paslon berasal dari Kelas XI dan 1 paslon dari kelas X.

“Orasi terbuka sudah dilaksanakan mengingat masih pandemi. Sehingga orasi yang diterapkan oleh para calon menerapkan dengan digitalisasi dengan cara live streaming melalui sosialisasi media Instagram smanbul,” ungkapnya kepada Pakar Online, Selasa ( 16/11/2021).

Ia menjelaskan, pemungutan suara dilakukan selama dua hari dikarnakan siswa datang ke sekolah dibatasi hanya 50% perharinya. Kepala sekolah dan para warga sekolah lainnya pun turut memberikan hak suaranya.

“Kegiatan ini juga berkaitan dengan projek sekolah dengan tema “Suara Demokrasi” yang dilakukan siswa Kelas X pada kurikulum sekolah penggerak. Dengan teknik para siswa kelas X melakukan observasi terkait pelaksanaan kegiatan pemilu Raya ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Erlangga mengatakan, ada beberapa tahapan yang dilalui dalam proses pesta demokrasi ini terbagi menjadi tahap. Tahapan pembukaan pendaftaran, tahap verifikasi data, tahap wawancara, tahap kampanye, hingga puncaknya hari ini dan esok untuk pemungutan dan penghitungan suara.

“Pasti ada kendalanya ya, mulai dari ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa dikatakan terbatas, egois dan individualisme antar panitia. Hingga sedikit terhambatnya pengajuan proposal pada pihak terkait,” ujarnya.

ia pun meantisipasi untuk mengatasi hal tersebut, dari pihaknya dan jajaran inti dari kepanitiaan berusaha meningkatkan koordinasi antar panitia dan jajaran wakasek serta pembina untuk memaksimalkan kinerja semua anggota.

“Untuk pemilhan hari ini belum dilakukan penghitungan suara, dan untuk penghitungan suara sendiri akan dilaksanakan esok hari. Adapun yang diambil dari seluruh warga sekolah, mulai dari siswa, guru, staf tata usaha, hingga pekarya,” pungkasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.