Pemdes Sukaluyu Jawab Persoalan Air Bersih Dengan Program Pamsimas

Kepala Desa Sukaluyu Rosidin di depan bak penampungan program Pamsimas. Yusman | Pakar

TAMANSARI – Kendala air warga akhirnya terjawab setelah Pemerintah Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor merealisasikan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Pamsimas sendiri merupakan program pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) tahun 2021, untuk melayani masyarakat yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih.

“Penyediaan sarana air bersih ini baru saja selesai dibangun menggunakan anggaran pemerintah sebesar Rp245 juta, kemudian sudah diujicobakan kepada warga RW 04, 06 dan RW 07. Di wilayah ini memang sejak dulu kesulitan air bersih sehingga menjadi prioritas,” ujar kepala desa Sukaluyu Rosidin, Senin (30/8/2021).

Lanjut Rosidin, Pamsimas ini terletak di RW 06 tepatnya di lahan milik pemerintah daerah yang kebetulan posisinya di samping sekolah SD. Sementara, untuk air bersih yang dikelola melalui Pamsimas ini dari sumber mata air Binong.

“Sumber mata air Binong itu adanya di bawah, kemudian kita pasang alat untuk ditarik ke pamsimas yang kemudian disalurkan kepada masyarakat,” sambungnya.

Sejauh ini, Pamsimas yang ada di wilayahnya memang belum dibuka secara resmi dan rencananya akan diresmikan di akhir Agustus ini. Kendati demikian, pelayanan Pamsimas sudah diujicobakan ke 80 rumah calon konsumen.

Tambah Rosidin, pamsimas untuk kedepannya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes). “Dengan target seluruh warga Sukaluyu mendapatkan pasokan sarana air bersih,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.