Pemdes Cilebut Barat Siapkan Lahan 6.000 Meter untuk SMPN 3 Sukaraja

Kepala Desa Cilebut Barat, H. Dasuki. Age | Pakar

SUKARAJA – Pemerintah Desa Cilebut Barat siapkan lahan Fasos Fasum perusahaan seluas 6.000 meter untuk usulan pembangunan SMP Negeri 3 Sukaraja.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Cilebut Barat, H. Dasuki bahwa pihaknya telah menyiapkan lahan Fasos Fasum milik perusahaan untuk pembangunan SMPN 3 Sukaraja.

“Di Cilebut Barat ada 14 ribu lebih kepala keluarga (KK) dan kita sedang mengusulkan pembangunan SMPN 3 Sukaraja. Dan untuk lokasi lahannya terdapat tanah seluas 6.000 meter milik perusahaan dan mereka siap dipinta menjadi Fasos Fasum untuk sarana dan prasarana pendidikan,” katanya.

Ia mengungkapkan alasan pihaknya mengusulkan pembangunan SMPN 3 Sukaraja tersebut dikarenakan banyak penduduk di Cilebut Barat melanjutkan Pendidikan ke me sekolah menengah pertama ke luar wilayah Kabupaten Bogor alias Kota Bogor.

“Jadi kebanyakan warga disini mereka bersekolah ke Kota Bogor dan sekolah swasta, makanya kita mengusulkan pembangunan SMPN 3 Sukaraja. Agar penduduk disini tidak perlu jauh-jauh lagi menyekolahkan anaknya ke luar Kabupaten Bogor dan menjauhkan juga dari aksi tawuran pelajar yang sekarang ini sering terjadi,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Sukaraja, Ria Marlisa mengatakan bahwa usulan tersebut sudah diajukan sejak dirinya menjabat sebagai Camat artinya sebelum tahun 2021 baik melalui Musrenbang (Muswayawarah rencana pembangunan) dan Reses DPRD.

“Kita sudah mengajukan pembangunan SMPN 3 Sukaraja bahkan sebelum saya menjadi Camat sudah mengusulkan atau sebelum tahun 2021. Dan usulan itu kita ajukan melalui Musrenbang dan Reses DPRD,” katanya kepada Pakar, pada Rabu 18 Oktober 2023.

Namun, ia mengaku usulan yang sudah diajukan terkendala karena tidak adanya lokasi lahan Fasos Fasum milik Pemerintah Daerah.

“Kita sudah mengajukan usulan, tapi belum ada lokasi lahannya. Dan kami mengajukan usulan SMPN 3 ini karena ada 2 desa di Sukaraja yang tidak terakomodir jalur zonasi saat Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), yaitu Desa Cilebut Barat dan Timur,” ungkapnya.

Meskipun begitu, pihaknya akan mencarikan lahan Fasos Fasum dari para pengembang agar pembangunan SMPN 3 Sukaraja tersebut dapat terealisasi.

“Kita terus berupaya mencari lahan yang pas karena Pemerintah Kabupaten Bogor siap untuk membangun SMPN 3 Sukaraja. Dan untuk sementara ini dari sekian 40 ribu jiwa penduduk di Desa Cilebut Barat dan Cilebut Timur melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP ke swasta atau ke Bogor Kota,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.