Pemdes Babakan Mulai Bangun Jalan Lintas Desa Lewat Program Samisade

Kegiatan launching perdana program Samisade di Desa Babakan, Kecamatan Ciseeng. (Fahri | Pakar)

CISEENG – Jalan tembus lintas desa antara wilayah Desa Babakan menuju Cibeuteung Udik, di Kecamatan Ciseeng, mulai dibangun dengan menggunakan anggaran dari program bantuan keuangan desa Pemkab Bogor untuk pembangunan sarana infrastruktur atau yang dikenal dengan sebutan anggaran program satu miliar satu desa (Samisade).

Hal ini terungkap saat Pemdes Babakan memggelar kegiatan launching perdana program Samisade yang mulai dilakukan di wilayah desa yang terkenal dengan sentra perikanan tersebut.

Dalam giat ini, selain dihadiri oleh Kepala Seksi Ekbang Kecamatan Ciseeng dan Kepala Desa (Kades) Babakan, tampak hadir pula sejumlah tokoh lembaga desa dan tokoh lingkungan serta masyarakat.

“Mulai hari Rabu besok akan dilakukan pekerjaan awal pembentukan jalan, persiapan dan pengerasan badan jalan. Lokasi giat samisade tepatnya ada di Kampung Pulo Ginjring, RT 05 RW 02 Babakan Sabrang Desa Babakan,” ujar Effendi, Kepala Desa Babakan, Senin (13/12/2021).

Ia menjelaskan, tujuan pembangunan jalan tersebut selain menyambungkan akses jalan ke Desa Cibeutung Udik, juga sekaligus guna membantu kelancaran usaha warga khususnya para peternak ikan karena jalan tersebut merupakan jalur produksi perikanan.

“Volune jalan yang akan dibangun itu memiliki panjang 1.150 meter dan lebar 2,5 meter. Pola teknis konstruksinya di cor atau betonisasi. Selain itu, ada pula pembangunan tembok penahan tanah (TPT) atau turap di titik – titik tertentu,” pungkas Effendi.

Sementara itu, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Kasi Ekbang) Kecamatan Ciseeng, Lukman Ariadi menjelaskan, program launching Samisade di Desa Babakan adalah yang terakhir dari 10 Desa yang ada di kecamatan tersebut.

Ia menjelaskan, Desa Babakan baru memulai tahap 40 persen dan akan dilanjutkan dengan tahap 60 persen hingga selesai. Saat ini, pekerjaan tahap awal sudah dimulai dan selanjutnya secara administrasi akan segera mengajukan permohonan pencairan anggaran ke DPMD dan BPKAD.

“InsyaAllah giat pekerjaan program samisade di Desa Babakan bisa selesai hingga akhir bulan ini. Untuk 9 Desa lainnya secara umum sudah hampir 100 persen semua dan sedang kami lakukan giat monevnya. Kami berharap sesuai waktu yang ditentukan, akhir bulan ini kelengkapan administrasi LPJ sudah juga bisa diselesaikan,” tukas Lukman. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.