Pemcam Ciampea ‘Ngerengek’ Minta Pembangunan Gedung Sekolah Baru

Ilustrasi pembangunan gedung sekolah. IST

CIAMPEA – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Ciampea, meminta usulan pembangunan gedung SMP Negeri 2 Ciampea menjadi prioritas Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor.

Camat Ciampea, Yudi Santosa mengaku jika pihaknya sudah berulang kali mengajukan usulan pengadaan sarana dan prasarana SMP Negeri tersebut namun tak kunjung ada kejelasan.

“Kita sudah mengusulkan secara formal pengadaan untuk gedung SMPN 2 Ciampea melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan,” katanya kepada PAKAR, Minggu (16/5/2022).

Menurutnya, pembangunan gedung SMP Negeri 2 Ciampea merupakan kebutuhan yang cukup mendesak.

Dijelaskan Yudi, saat ini sarana pendidikan di wilayahnya masih belum ideal untuk menampung jumlah warga yang tercatat sebanyak 168.000 orang dan setiap tahunnya mengalami peningkatan.

“Jumlah penduduk saat ini 168.000 jiwa dan kita masih menghitung dengan melakukan pendataan berapa jumlah lulusan pertahun tingkat SD dari 5 Desa ini agar kita bisa mengusulkan menjadi prioritas pembangunan prasaran dan sarana sekolah,” terangnya.

Kondisi itu, sambung Yudi, diperparah dengan sistem zonasi yang diterapkan pemerintah di sektor pendidikan yang “memaksa” warga di
wilayah terpencil atau jauh dari perkotaan, hanya menikmati fasilitas pendidikan yang ada. Tanpa bisa keluar dari wilayah yang hasilnya sulit untuk berkembang.

Tak hanya itu, Yudi menyebut pembangunan SMP Negeri 2 Ciampea akan banyak membantu masyarakat untuk mengembangkan masyarakat yang memiliki potensi.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Disdik tetapi untuk pembangunan gedung SMPN 2 Ciampea ini terkendala soal lokasi lahan karena lahan yang diperlukan minimal seluas 6.000 meter dan harus milik Pemerintah Kabupaten Bogor. Namun kita di wilayah Kecamatan Ciampea tidak memiliki seluas tanah 6.000 meter,” jelasnya.

Ia juga mengaku bahwa untuk pengadaan tanah tersebut sangat sulit didapatkan. Terlebih lokasinya pun harus strategis agar terjangkau oleh lima desa yang ada di Ciampea.

“Di Kecamatan Ciampea baru memiliki SMP Negeri 1 dan itu pun lokasinya ada di Desa Ciampea tetapi kita masih membutuhkan gedung tingkat SMP Negeri dan lokasinya harus strategis agar dapat terjangkau dari Desa Ciampea Udik, Tegal Waru, Cicadas, Cibadak dan Cibuntu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasana Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Desirwan mengaku pihaknya memang sudah menerima usulan rencana pembangunan SMPN 2 Ciampea.

“Memang sudah ada usulan yang masuk ke kita tetapi SMPN 2 Ciampea ini belum ada kemungkinan untuk segera dibangun karena lokasi lahan ini belum ada dan masih 0 persen dan mustahil sekali kalau tahun 2022/2023 akan di bangun,” katanya.

Ia menuturkan bahwa untuk pembangunan sarana dan prasaran SMPN 2 Ciampea membutuhkan luas lahan minimal 7.000 meter.

“Kita tunggu saja semoga kita mendapatkan lokasi tanahnya dan kemungkinan di tahun 2024 SMP Negeri 2 Ciampea ini akan segera dibangun,” tandasnya. =AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.