Pembangunan Waduk Cibeet dan Cijurey Belum Terealisasi, Suryanto Belum Dapat Informasi Baru Soal Dua Waduk Itu

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Suryanto Putra. IST

CIBINONG – Rencana pembangunan Waduk Cibeet dan Cijurey di Kecamatan Tanjungsari dan Cariu Kabupaten Bogor belum juga terealisasi. Padahal, Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat itu menargetkan pembangunan dua waduk itu dapat dimulai Agustus 2022.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan kembali informasi terkait pembangunan Waduk Cibeet dan Cijurey.

“Iyah kita belum ada lagi informasi nih soal kelanjutan pembangunan Waduk Cibeet dan Cijurey, harusnya tahun kemarin sudah mulai pekerjaan,” ujar Suryanto, Selasa (10/1/2023).

Mungkin, Lanjut dia, Kementerian PUPR melalui BBWSC masih dalam proses pembebasan lahan yang belum selesai.

“Informasinya juga banyak warga yang tidak mendukung membuat pembebasan lahan ada kendala,” ucapnya.

Ia juga mengaku belum mengetahui peran Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor seperti apa di pembebasan lahan. “Karena belum ada lagi rapat atau informasi terkait pembangunan dua waduk itu,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Waduk Cibeet akan dibangun dengan lahan seluas 1.700,26 hektare di delapan desa yang ada di dua kecamatan, yaitu Tanjungsari dan Cariu.

Waduk tersebut diyakini dapat mereduksi banjir hingga 66 persen di wilayah Karawang dan Bekasi, serta memberi manfaat saluran irigasi.

Sementara pembangunan Waduk Cijurey merupakan permintaan langsung dari warga Kabupaten Bogor untuk mengairi lahan persawahan yang kering saat kemarau.

Desain Waduk Cijurey cenderung lebih kecil dari Cibeet, yaitu dengan lahan seluas 203,9 hektare di empat desa yang ada di tiga kecamatan, yakni Sukamakmur, Cariu dan Tanjungsari. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.