Pembangunan Jalan Khusus Tambang Dimulai, Ini Pesan Ridwan Kamil

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memberikan sambutan dalam peninjauan pembangunan jalur tambang. (Ist)

CIGUDEG – Harapan dan perjuangan panjang masyarakat di wilayah barat Kabupaten Bogor khususnya di area tambang untuk adanya pembangunan jalan khusus tambang akan terwujud.

Kabar gembira ini muncul setelah dalam giat kunjungan kerja di Kabupaten Bogor, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) telah secara resmi menyatakan bahwa pembangunan jalan khusus berbayar (tol) kendaraan angkutan tambang akan segera dimulai.

“Untuk mewujudkan rencana ini, perlu perjuangan panjang serta melibatkan banyak pihak. Mulai dari masyarakat, Pemkab Bogor, Pemprov Jabar, pihak swasta (konsorsium-red), perusahaan tambang dan juga Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian terkait,” kata Ridwan Kamil, dalam sambutannya pada giat kunjungan kerja (kunker) nya di Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor, Senin (29/3/2023).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menjelaskan, pembangunan jalan tol berbayar khusus tambang ini nantinya akan dibangun sepanjang 11,5 kilometer dan melewati beberapa perusahaan tambang yang berada di Kecamatan Rumpin dan Kecamatan Cigudeg.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jabar meminta seluruh komponen masyarakat untuk mendukung dan mendoakan agar proses pembangunan jalan tol khusus tambang ini berjalan lancar. Selain itu, Kang Emil berharap warga masyarakat untuk bersabar menunggu selesainya proses pembangunan yang diperkirakan memakan waktu 1 (satu) tahun ini.

“Semoga dengan dibangunnya jalan tol khusus kendaraan angkutan tambang ini akan menjadi solusi terbaik. Tidak ada lagi kecelakaan lalu lintas, polusi debu dan lainnya. Semoga masyarakat juga semakin meningkat ekonominya serta banyak terbuka lapangan kerja,” harap Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Sebagai informasi, dalam giat kunker ini, Gubernur Jabar Ridwan Kamil tampak didampingi oleh Kepala Dinas PUPR dan ESDM Pemprov Jabar, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan dan jajaran Forkopimda Kabupaten Bogor, jajaran Forkopimcam Cigudeg serta H. Mulyadi Jayabaya, Konsorsium Pelaksana Pembangunan dan Jaro Ade, tokoh masyarakat Bogor.

Setelah melakukan serangkaian acara seremoni, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Plt Bupati Bogor dan para tamu undangan melakukan giat simbolis pemancangan tiang sebagai tanda akan dimulainya giat pembangunan jalan tol khusus angkutan tambang. FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.