Pembangunan Cungkup Arca Gajah Ciampea Terkendala Pandemi COVID-19

CIAMPEA- Pembangunan Cungkup dan Pagar untuk melindungi Patung Arca Gajah Ciampea peninggalan masa Pajajaran tahun 1516 yang tergolek di halaman SDN O2 Ciampea, Desa Ciampea, Kecamatan Ciampea, yang rencananya akan dilaksanakan tahun 2020 lalu, batal akibat Covid 19. Sayangnya sampai berita ini ditayangkan, Muliadi Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor masih sulit untuk dihubungi guna di mintai keterangannya.

Isak Tumitir Kordinator Juru Pelestari (Jupel) Kabupaten Bogor dari Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Serang Banteng menjelaskan, jika patung Arca Gajah berukuran 17 X 21 cm itu yang berada dihalaman Sekolah Dasar Negeri di Ciampea, sudah mendapat kunjungan pihak dinas terkait. “Patung Arca Gajah Ciampea yang ditemukan antara bulan Mei dan Juni tahun 1863 setara dengan temuan Prasasti Kebon Kopi oleh Belanda, sudah mendapat kunjungan dari Disbudpar Kabupaten Bogor, dan kebetulan saat itu saya juga hadir,” kata Isak.

Dimana kunjungan pihak Kantor Disbudpar Kabupaten Bogor tersebut sambungnya, bertepatan sedang berlangsungnya rehab bangunan SDN tempat dimana patung arca gajah itu tergolek.”Hasil dari kunjungan Disbudpar, muncul rencana akan dibangun tembok berikut cungkup untuk mengganti pagar teralis besinya yang rusak,” ungkapnya.

Lebih lanjut Isak, rencana pembangunan cungkup itupun tertunda akibat pandemik Covid-19. “Mudah mudahan setelah pandemik berlalu, rencana pembangunan pagar batu dan cungkup untuk melindungi kelestarian patung Arca Gajah Ciampea tersebut, bisa terealisasi,” pungkasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.