Pelatihan Digital Marketing, Branding, dan Hospitality untuk Warga Perca Kota Bogor

Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kampung Perca, Kelurahan Singdangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 4 Desember 2023 lalu digelar pelatihan Digital Marketing, Branding, dan Hospitality yang dihadiri oleh 30 peserta. IST

BOGOR- Sebagai bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kampung Perca, Kelurahan Singdangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 4 Desember 2023 lalu digelar pelatihan Digital Marketing, Branding, dan Hospitality yang dihadiri oleh 30 peserta.

Medhanita Dewi Renanti, S.Kom., M.Kom.., penanggung jawab pelatihan menyampaikan digital marketing dan teknologi-teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Medha menyatakan bahwa riset kata kunci perlu dilakukan untuk menaikkan produk sehingga dikenal oleh Masyarakat.

Selain itu beberapa channel pemasaran digital perlu dilakukan “perlakuan” sesuai karakteristiknya sehingga penjualan meningkat. Kegiatan ini juga berhasil membuat e-commerce kampungperca.com sebagai platform untuk jual beli produk kampung perca, sebagai sarana promosi, dan menampilkan informasi seputar kampung perca. Pengisian konten di berbagai platform perlu disesuaikan sesuai kebutuhan.

Masyarakat kampung perca juga dilatih terkait “branding” baik branding kampung perca maupun produk kampung perca. Materi branding disampaikan oleh Ir. Leni Lidya, MM. Strategi branding juga dibahas pada materi ini. Selanjutnya materi hospitality disampaikan oleh Dr. Hudi Santoso, S.Sos., MP..

Materi ini melatih pengelola  dan masyarakat kampung perca bagaimana melakukan service excellent dan bagaimana meningkatkan pelayanan kepada pengunjung supaya kampung perca menjadi salah satu destinasi wisata yang mempunyai citra bagus di pasar lokal, nasional, bahkan dan internasional.
Hari kedua tanggal 6 Desember 2023 dilakukan pelatihan terkait Product Development, Strategi Pemasaran, serta  Pencatatan dan Pelaporan Keuangan. Aulia Hidayati, S.E., M.Ak melatih pengelola kampung perca melakukan pencatatan dan pelaporan keuangan serta menentukan Harga Pokok Produksi (HPP).

Dr. Ir. Anita Ristianingrum, M.Si. menyampaikan terkait strategi pemasaran supaya penjualan produk kampung perca meningkat, strategi itu mencakup STP 4P: segmentation, targeting, positioning, Product, Price, Place, Promotion. Salah satu strategi untuk segmentasi memuat karakteristiks wilayah, jenis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, kepribadian.


Kegiatan ini juga berkerja sama dengan desainer ternama Frida Nursanti. Frida Nursanti mempunyai brand FridAulia. Frida Nursanti memberikan ide-ide desain untuk kampung perca. Selain itu Frida melatih pengelola untuk membuat ide pola setiap hari dan mengoordinasikan dengan tim sehingga tim kampung perca mempunyai database ide-ide pola yang nantinya dapat dibuat pola sesuai trend terkini dan diminati masyarakat. =DRN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.